Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

PIN BBM Terbaru infokyai DB2C56D

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Tuesday, June 27

Bolehkah Puasa Tanpa Sahur ?


Bolehkah Puasa Tanpa Sahur ?

Tentang Islam, infokyai.com - Puasa adalah sunnah yang dianjurkan jika  anda ingin melaksanakan puasa, seperti puasa ramadhan, puasa senin kamis, puasa daud, puasa syawal dan lainnya, namun saja sering kali kita sudah berniat di malam harinya, dan pada saat jadwal sahur telah tiba, kita masih tertidur pulas, dan sering kali kasus ini terjadi pada saat bulan ramadhan, sehingga muncullah sebuah pertanyaan, apakah boleh puasa tanpa sahur ? dari tahun ke tahun pertanyaan ini, adalah pertanyaan terbanyak yang terlontarkan oleh beberapa pengguna infokyai.com.

BACA JUGA Fidyah Bagi Yang Tidak Dapat Berpuasa : KLIK DISINI 

Menanggapi pertanyaan - pertanyaan tersebut, akhirnya infokyai.com meringkas sejumlah jawaban - jawaban yang diambil dari beberapa sumber - sumber terpercaya, dan bisa disimak penjelasannya dibawah ini, yaitu : 

Puasa tanpa sahur, apakah boleh ? diperbolehkan mengapa diperbolehkan yai ? diperbolehkan berpuasa tanpa sahur, disebabkanya karena dia tertidur, oleh karena itu ia tidak sahur, dan yang harus anda ketahui bahwa jika anda tidak sahur, bukan syarat sah berpuasa, jadi jika anda tidak sahur, diperbolehkan untuk berpuasa, yang terpenting adalah niat puasa sebelum shubuh karena ini termasuk syarat sah puasa. 

BACA JUGA : Niat Qadha Puasa Ramadhan KLIK DISINI

Pada malam harinya, jika seseorang sudah berniat berpuasa, pastinya ia sudah berniat dalam hati pada malam harinya, dan pada saat sebelum shubuhnya, ia meminta atas kekuasaan Allah SWT untuk membangunkan dirinya, untuk melaksanakan sahur, namun dengan daya dan upaya ada seseorang yang tidak terbangun pada saat sahurnya, berdasarkan hadits dari Hafshah radhiallahu ‘anha; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

من لم يجمع الصيام قبل الفجر فلا صيام له

“Siapa saja yang belum berniat puasa sebelum terbit fajar maka tidak ada puasa baginya.” (H.R. Abu Daud dan Nasa’i; dinilai sahih oleh Al-Albani)

Dari hadits diatas, maka bisa kita ambil hikmahnya bahwa, dari kalimat yang bertuliskan warna merah, bisa kita analisa dengan seksama, bahwa seseorang yang belum melakukan niat puasa sebelum terbit fakar, maka tidak ada puasa baginya, oleh karena itu maka bisa kita ambil hikmahnya dari penggalan hadits tersebut, Insha Allah artikel kali ini mendapatkan referensi ilmu bagi anda semua, Amin. (segala sumber/ tm / mp)

Baca Juga : Aurat Terbuka Pada Saat Membaca Al Qur'an KLIK DISINI

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments