Breaking News

Sejarah Awal Mula Terjadinya Hari Raya Idul Adha (Part 1)




Sejarah Awal Mula Terjadinya Hari Raya Idul Adha
Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamu'alaikum wr wb, Idul Adha atau dalam bahasa Arabnya adalah عيد الأضحى yang berarti hari raya Islam. Pada Hari Idul Adha adalah hari peringatan peristiwa Kurban, yaitu Ketika Nabi Ibrahim (Abraham), yang rela menyembelih anaknya yaitu Ismail untuk dikorbankan kepada Allah swt, kemudian pada saat hari H sudah siap Ismail pun sudah siap untuk disembelih oleh ayahnya yaitu Ibrahim dan akhirnya pada waktu pensembelihan tersebut Allah swt menggantikan Ismail dengan domba.

Foto Ilustrasi Nabi Ismail Pada Saat Penyembelihan - endoneshia.blogspot.com

Tidak panjang lebar lagi infokyai akan mengulas tentang Sejarah Awal Mula Terjadinya Hari Raya Idul Adha,

Pada Jaman Nabi Ibrahim AS peristiwa penyembelihan ini dimulai, awal mula ceritanya Nabi Ibrahim
adalah nabi yang taat dan cinta sekali Pada Allah swt, hingga pada suatu hari Nabi Ibrahim
mengurqurban 1000 ekor domba atau kambing, 300 ekorsapi, dan 100 ekor sapi atau unta, dari pengorbanan Nabi Ibrahim tersebut membuat banyak orang mengaguminya bahkan para malaikat terheran-heran, kagum akan pengorbanan Nabi Ibrahim kepada Allah swt.

Beliau berkata “Setiap apapun yang membuat aku dekat dengan Allah, maka tidak ada sesuatu yang berharga bagiku. Demi Allah, jika aku mempunyai seorang anak niscaya aku akan menyembelihnya ke jalan Allah. Jika itu bisa membuatku dekat kepada Allah”.

“Kurban sejumlah itu bagiku belum apa-apa. Demi Allah! Seandainya aku memiliki anak lelaki, pasti akan aku sembelih karena Allah dan aku kurbankan kepada-Nya,” kata Nabi Ibrahim AS, sebagai ungkapan karena Sarah, istri Nabi Ibrahim belum juga mengandung.

Seiring waktu terus berjalan dan berganti dari masa ke masa akhirnya Sarah menyarankan Nabi Ibrahim, untuk menikahi Hajar (ia adalah budaknya yang negro yang diperoleh Nabi Ibrahim AS dari Negara Mesri, Ketika dia berada di Daerah Baitul Maqdis), setelah itu Nabi Ibrahim AS berdoa kepada Allah SWT agar dapat dikaruniai seorang anak, dan doa Nabi Ibrahim pun dikabulkan Allah SWT.

Setelah dikabulkan doanya oleh Allah SWT, Nabi Ibrahim AS dikarunia seorang anak laki - laki yang tampan dan berbakti kepada Allah SWT dan kepada kedua orang tuanya, anak Nabi Ibrahim Tersebut bernama Ismail dari istri beliau Hajar
Allah berfirman dalam Alqur’an pada
Surat Ash-Shoffat 102:
لسعىا معه بلغ فلما
Maka tatkala anak itu (Ismail) sampai pada umur sanggup berusaha bersama-sama Ibrahim

Dari Allah SWT mengabulkan doa Nabi Ibrahim tersebut mulailah cobaan untuk Nabi Ibrahim AS ....
Selanjutnya di Sejarah Awal Mula Terjadinya Hari Raya Idul Adha (Part 2) cek KLIK DISINI YAI

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung