Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker PT Zona Plastik KLIK DISINI

Loker Gink Technology KLIK DISINI

Thursday, August 31

Manfaat Qurban Pada Hari Raya Idul Adha

Qurban - Foto Ist
Manfaat Qurban Pada Hari Raya Idul Adha

Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamu'alaikum Wr.Wb. Kali ini kami tim infokyai akan membahas mengenai manfaat kurban pada hari raya idul adlha. Berbicara mengenai hari raya idul adlha, tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut hari yang sangat istimewa itu khususnya umat muslim. Tepatnya yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijah 1437 (kalender islam).




Ada banyak manfaat dan pelajaran yang dapat kita petik kenapa kita sangat di anjurkan untuk melaksanakan ibadah KURBAN pada hari raya idul adlha, salah satunya adalah kita di ajarkan untuk saling berbagi. Sebelum membahas lebih dalam, kita akan membahas pengertian "kurban" terlebih dahulu, sahabat Infokyai pasti tahukan apa itu kurban?. Kurban adalah suatu rangkaian kegiatan yang didalam pelaksanaanya itu harus ada hewan yang akan di kurbankan seperti kambing, sapi, kerbau, ataupun unta (masing-masing harus memenuhi standar). Pelaksanaan kurban tersebut dilaksanakan setelah selesainya sholat idul adlha.




Ada pun perintah untuk melaksanakan ibadah kurban sebagai mana yang tertera dalam Al-Qur'an surah Al-kautsar ayat 1-3 yang tertulis sebagai berikut ;
 إِنَّآ أَعْطَيْنَٰكَ ٱلْكَوْثَرَ ﴿١﴾
 "Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak."
 فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ ﴿٢﴾ "Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)."
 إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ ٱلْأَبْتَرُ ﴿٣﴾
 "Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)."
 Dari surah Al-kautsar ayat 1-3 memberi pesan kepada kita bahwa ;

Pertama, Allah swt sesungguhnya memberi banyak kenikmatan kepada kita.
Kedua, perintah kurban berdampingan dengan perintah sholat, berarti hal tersebut sangatlah penting. (Sebagaimana ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah swt).
Ketiga, orang-orang yang shaleh(dijalan Allah) apabila ada seseorang yang membencinya, sungguh dialah orang yang terputus dari rahmat Allah swt.




Adapun sebuah riwayat hadits yang menjelaskan tentang berkurban sebagai mana tertulis sebagai berikut; "Barang siapa mempunyai keluasan rezeki (mampu untuk berkurban) tetapi ia enggan untuk berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat kami bersembahyang." (HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah dari Hurairah). Dari hadist diatas memberi peringatan kepada kita bahwa kita khususnya sebagai umat muslim dituntut untuk melaksanakan kurban (terutama bagi yang mampu). Bila kita sendiri masih merasa kurang mampu untuk berkurban, sebaiknya dilakukan iuran/sokongan secara bersama-sama supaya menjadi ringan untuk berkurban.

Dan jika hal tersebut masih belum mampu, sebaiknya menyedekahkan sebagian hartanya kepada orang yang benar-benar membutuhkannya. Adapun manfaat-manfat kur'ban bagi diri kita sendiri yaitu ;
Pertama, memupuk rasa empati/kepedulian dalam diri kita terhadap orang lain.
Kedua, melatih diri untuk menjadi seorang yang dermawan. Bila kita ingin menjadi seorang yang dermawan, perlu latihan secara rutin supaya menjadi kebiasaan yang baik.
Ketiga, menambah ketakwaan kita kepada Allah swt, sehingga kita menumbuhkan rasa keimanan menjadi lebih kuat dan tidak mudah untuk mengikuti hawa nafsu.
Keempat, menyelamat kita pada hari akhir/kiamat. Apa yang telah kita beri semata-mata hanya untuk Allah swt tentunya akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Dan pahala tersebut Insya Allah akan menyelamatkan kita pada hari akhir/kiamat kelak.
Kelima, harta kita menjadi berkah. Apabila harta benda yang selama ini telah kita kumpulkan akan menjadi berkah apa bila di gunakan dijalan Allah swt yaitu dengan cara bersedekan ataupun berkurban.




Selain banyak manfaat untuk diri kita sendiri, berkurban juga banyak manfaat untuk orang lain diantaranya sebagai berikut ;
Pertama, meningkatkan tali silaturahmi. Hari raya kurban diperlukan banyak orang untuk dapat melaksanakannya, hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk menjalin tali silaturahmi yang baik. Tidak ada pembeda di hari itu, semua orang bekerja sama dan saling berbagi kebahagiaan.
Kedua, memenuhi nilai gizi untuk orang bawah/orang kecil. Daging kurban(Kambing, Sapi, Kerbau atau pun Unta) telah diketahui mempunyai nilai gizi yang cukup baik. Mengingat banyaknya masyarakat kecil yang belum merasakan manfaat daging kurban, maka pada hari raya kurban bisa menjadi salah satu jalan untuk pemerataan asupan gizi kepada masyarakat bawah/kecil. Demikian yang dapat kami sajikan, semoga membawa manfaat untuk kita semua. Akhir kata Wassalamu'alaikum Wr.Wb (FMP/TM)
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments