Mempunyai Info Lowongan Kerja ? Event ? Bisnis dan UKM ? Berita di Sekitar Anda ? Kirimkan ke KAWANNONGKRONG@GMAIL.COM

Mau Pasang Iklan Premium ? KLIK DISINI

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

PIN BBM Terbaru infokyai D99E6B3E

Pesan Tiket Kapal Laut Via Online KLIK DISINI

Jadwal Sim Keliling Terbaru KLIK DISINI

Tanpa Disadari Tanda Kiamat Semakin Dekat Dirasakan

Foto : Ilustrasi Kiamat - reportaseterkini.net
Tanpa Disadari Tanda Kiamat Semakin Dekat Dirasakan
Tentang Islam,  Infokyai.com - Assalamu'alaikum Wr.Wb Taukah Anda apa itu hari kiamat? Banyak diantara kita kita mengartikan bahwa hari kiamat adalah hari dimana hancurnya seluruh jagat raya. Akan tetapi tau Anda?, ternyata hari kiamat sudah terjadi loh di masa ini. Rusaknya moral manusia dan banyak manusia yang terpedaya oleh kesenangan dunia merupakan salah satu bentuk kiamat yaitu kiamat kecil.


Dalam Islam kiamat merupakan rukun iman yang ke 5 setelah Iman Kepada Rasul Allah
Dan setiap umat muslim diseluruh dunia wajib untuk mengimaninya.

Foto : Ilustrasi Kiamat - alhijaztourtravel.com

Dalam konteks islam kiamat dibagi menjadi 2 macam yaitu kiamat kecil dan kiamat besar.
Lalu apa beda diantara keduanya?
Keduanya sama-sama kiamat, yang membedakannya adalah kiamat besar terjadi hanya sekali lalu binasalah seluruh apa yang ada dibumi dan apa yang ada di langit. Sedangkah kiamat kecil terjadi berulang kali dan sering kali kita jumpai di masa sekarang ini, contoh ; terjadi bembunuhan dimana-mana, peperangan, gunung meletus, stunami, badai angin, gempa bumi dan masih banyak lagi.

وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُونَ فِي الْبُنْيَانِ


“Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir, dan penggembala kambing, (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi.” (HR Muslim)

Inilah di antara tanda-tanda hari kiamat. Tanda hari kiamat ada yang sifatnya baik. Ada pula yang buruk. Ada pula hanya sekedar kabar atau tanda yang aslinya tidak bersifat baik ataupun buruk. Hanya sekadar tanda dan kabar agar manusia sadar bahwa kiamat pasti terjadi. Contohnya seperti berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi ini.

Dalam hadits lain, yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ada keterangan tambahan. Ibnu Abbas bertanya kepada Nabi:
يَا رَسُـولَ اللهِ، وَمَنْ أَصْحَابُ الشَّاءِ وَالْحُفَاةُ الْجِيَـاعُ الْعَالَةُ قَالَ: اَلْعَرَبُ

“Wahai Rasulullah, dan siapakah para penggembala, orang yang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan yang miskin itu?” Beliau menjawab, “Orang Arab.” (Musnad Ahmad, IV/332-334)
Foto : Ilustrasi Kiamat - kabarmakkah.com
Selengkapnya akan dijelaskan tanda-tanda kiamat kecil diantaranya ;
Pertama, pengembala menjadi kaya.
Suatu hari Rasulullah saw. ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda kiamat, lalu beliau menjawab, “Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang, dan miskin, penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan.” (HR Muslim)

Kedua, banyaknya terjadi pembunuhan.
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tiada akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj.. Sahabat bertanya apa itu haraj, ya Rasulullah?” Rasulullah saw. Menjawab, “Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan.” (HR Muslim)

Ketiga, banyaknya polisi dan orang pembela kezhaliman.
“Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka.” (HR At-Tabrani)

Keempat, perang antara kaum Yahudi dan kaum muslimin.
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai ada seorang yahudi bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon, ‘Wahai muslim, wahai hamba Allah, ini yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia.’ Kecuali pohon Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.” (HR Muslim)

Kelima, sering muncul fitnah dimana-mana.
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat, sampai dominannya fitnah, banyaknya dusta dan berdekatannya pasar.” (HR Ahmad).

Keenam, maraknya praktek perzinahan.
Astaqfirullah al ngazim, dizaman edan ini banyak sekali orang yang gak kenal rasa malu. Banyak kaum wanita rela  melakukannya (zina) hanya untuk mencari uang. Di era modern saat ini banyak kecanggihan teknologi dipersalahgunakan salah satunya adalah media internet. Dalam media internet banyak banget situs-situs pornografi yang berdampak negatif bagi semua kalangan terutama terutama kalangan remaja.

Ketujuh, meningkatnya jumlah wanita
Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda. “Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki.” (HR Bukhari)

Selain kiamat kecil dengan tanda-tandanya ada pula kiamat besar yaitu kiamat yang akan tiba kehancuran seluruh jagat raya.
Adapun tanda-tanda kiamat besar diantaranya ;

Pertama, muculnya Imam Mahdi.
Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad Saw. mengisyaratkan bahwa Imam Mahdi pasti akan datang di akhir zaman. Ia akan memimpin umat Islam keluar dari kegelapan, kezaliman dan kesewenang-wenangan menuju cahaya keadilan dan kejujuran yang menerangi kehidupan dunia seluruhnya.
Dari Abdullah bin Mas’ud ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, ”Hari tidak akan berakhir, dan tahun belum akan pergi sehingga bangsa Arab dipimpin oleh seorang dari keluargaku, namanya sama dengan namaku.” (HR Ahmad)
Foto : Ilustrasi Nabi Isa dan Imam Mahdi - kajiantauhiid.org

Kedua, turunnya Nabi Isa As.
Kemunculan Nabi Isa As dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Imran ayat ke 55 yang berbunyi ;
إِذْ قَالَ ٱللَّهُ يَٰعِيسَىٰٓ إِنِّى مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَىَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَجَاعِلُ ٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوكَ فَوْقَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ ﴿٥٥﴾

Artinya ;
"(Ingatlah), ketika Allah berfirman, "Wahai Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan.""


Ketiga, telah keluarnya Dajjal.
Dajjal dalam bahasa Arab; (الدّجَّال ad-Dajjāl) adalah seorang tokoh dalam eskatologi Islam yang akan muncul menjelang hari kiamat. Dajal dikatakan kafir dan jahat, pembawa fitnah (ujian) terbesar dan tidak ada ujian yang terbesar selain itu.
Foto : Yakjuj Makjuj - islamberkomunikasi.blogspot.co.id
Keempat, keluarnya ya'juj-ma'juj.

Pengen mengetahui apa itu Ya'juj Ma'juj cek di Mengungkap Misteri Sejarah Yakjuj Makjuj Yang Dikurung Dalam Tembok Ghaib

Yajuj dan majuj adalah nama sekelompok bangsa yang akan muncul pada hari kiamat. Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur seluruh kehidupan di muka bumi, dan mereka akan berperang melawan Nabi Isa As. beserta pasukannya di bukit Thursina.

Demikian sedikit penjelasan mengenai tanda-tanda kiamat kecil maupun kiamat besar.
Sebagai umat muslim hendaknya kita wajib mengimaninya dan taat atas semua firman-firman Allah Swt. Sesungguhnya Allah swt benar akan semua janji-NYA.
Semoga bermanfaat, akhir kata
Wassalamua'laikum Wr.Wb (FMP/TM)
Add Friend

Ikuti Infokyai Via Email:

Delivered by FeedBurner

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top