Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker PT Zona Plastik KLIK DISINI

Loker Gink Technology KLIK DISINI

Wednesday, August 30

Manfaat Air Tebu dan Daun Tebu Bagi Kesehatan

Foto Ist
Manfaat Air Tebu dan Daun Tebu Bagi Kesehatan
Kesehatan. Infokyai.com - Kali ini infokyai akan membahas mengenai manfaat tebu. Sahabat kyai udah tahu kan apa itu tebu? Bagi yang belum tahu nih, Yuk simak penjelasannya; Tanaman tebu (Saccharum officinarum L) adalah jenis tanaman yang berbatang panjang dan tegas lurus. Batang tebu mempunyai rasa manis, ini apabia batang telah tua. Umur tanaman tebu, biasannya kisaran 9-11 bulan. Taman yang satu ini hanya bisa di budidayakan di wilayah yang ber iklim tropis saja, salah satunya di Indonesia. Di indonesia pembudidayaan tebu paling besar yaitu di pulau jawa dan sumatera. Tebu banyak dimanfaatkan untuk bahan dalam pembuatan gula dan vetsin. Sahabat kyai, tahu gak sih sejarah tebu di indonesia?


Bagi yang belum tahu nih, yuk mari kita simak bersama :
Tanaman tebu merupakan tanaman asli tropika basah.
Penanaman tebu di Indonesia (dulu masih kerajaan) dimulai pada saat sistim "Tanam Paksa" atau dalam bahasa Belanda "Cultuur Stelsel" yaitu pada tahun 1870 yang memberikan keuntungan yang amat besar untuk kas negara pemerintahan kolonial Belanda.


Daerah jantung perkebunan tebu yang tumbuh sejak tahun 1940-an dan berkembang sampai sekarang adalah daerah pesisir utara dari Cirebon hingga Semarang di sebelah selatan Gunung Muria hingga Madiun, Kediri, Besuki, disepanjang Probolinggo hingga ke Malang melalui Pasuruan.


Manfaat tebu untuk kesehatan, itu banyak sekali manfaatnya sahabat kyai, air tebu sangatlah baik lho untuk kesehatan tubuh kita, yang perlu sahabat kyai tahu nih, kandungan yang terdapat dalam 100 gram tebu ; Air 0,2 mg Protein 0,23 mg Lemak 0,07 mg Karbohidrat 27,3 gramGula 25,8 gramRiboflavin 0,17 mg Niasin 0,3 mg Asam Pantotenat 0,07 mg Zat Besi 0,56 mg Magnesium 2,45 mg Kalsium 32,56 mg Fosfor 0,02 mg Kalium 163 mg Mangan 0,07 mg Tembaga 0,05 mg, dari penjelasan ini, sahabat kyai tahukan bagaimana manfaat tebu buat kesehatan kita. 

Manfaat yang pertama, dapat melawan penyakit kanker pada payudara wanita. Air Tebu mempunyai zat alkali yang dapat mengatasi kanker payudara pada wanita dan prosta pada laki-laki. Caranya nih sahabat kyai : konsumsilah secara teratur air tebu murni tanpa di tambah bahan lain. 

Manfaat yang kedua, Dapat memperkuat gigi dan gusi. Selain menyikat gigi dengan berbagai merk odol, ternyata air temu juga bisa membuat gigi dan gusi tetap kuat. Sahabai kyai pun bisa membuat ramuannya dirumah. Caranya : Perasan tebu di taruh di wadah lalu tambahkan air jerus nipis dan garam sedikit. Kemudian aduk-aduk, jadi deh. Selanjutnya sahabat kyai pun dapat menikmatinya. 

Manfaat yang ketiga, tebu bermanfaat untuk mengatasi masuk angin. Selain air tebu, daun tebu pun sangat bermanfaat lho, yaitu untuk mengatasi masuk angin, sahabat kyai baru tahu kan :) Cara membuat ramuannya yaitu : Pilih 3 lembar daun tebu yang bagus, lalu potong-potong kemudian di rebus dengan air secukupnya sampai mendidih, setelah dingin saring air dan minumlah 3 kali sehari. 

Manfaat yang keempat, dapat melawan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Dalam kandungan tebu banyak sekali mineral yang berfungsi mencegah dehidrasi, seperti magnesium, zat besi, mangan, kalium, kalsium dan tentu saja kandungan elektrolit alami. Mengkonsumsi air tebu pada saat cuaca panas tidak hanya akan melawan rasa haus, tapi juga dapat meningkatkan energi kita karena terdapat gula yang baik didalamnya. 

Manfaat yang kelima, dapat menurunkan resiko penyakit ginjal. Sahabat kyai tahu gak nih, apa penyebab penyakit ginjal? Penyakit ginjal salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan protein dalam tubuh. Ternyata protein yang terdapat dalam tebu dapat membantu ginjal untuk menyaring cairan-cairan seperti darah dan air. Dalam air tebu juga mangadung zat alkali yang alami. Zat alkali ini dapat mencegah masalah ginjal. 

Sahabat infokyai ingin ginjal tetap sehat kan? Air tebu pun bisa menjadi pilihannya. Sahabat kyai bisa mengkonsumsi air tebu paling sedikit 2 kali dalam 1 minggu sudah bisa mengurangi resiko penyakit ginjal. Manfaat yang keenam, mencegah infeksi lambung, diare dan sembelit. Untuk sahabat kyai yang sering sakit maag nih, air tebu bisa menjadi solusinya. Air tebu mengandung kalium sangat tinggi. Kalium dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mengendalikan otot dan syaraf. Selain itu, kalium yang ditemukan pada air tebu bisa mencegah berbagai jenis infeksi yang bisa terjadi pada lambung. Bahkan dapat mengatasi beberapa keluhan pencernaan seperti diare dsn sembelit. Demikian penjelasan dari kami, semoga membawa manfaat. Selamat mencoba (Red/FMP/TM)




Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments