Mempunyai Info Lowongan Kerja ? Event ? Bisnis dan UKM ? Berita di Sekitar Anda ? Kirimkan ke KAWANNONGKRONG@GMAIL.COM

Mau Pasang Iklan Premium ? KLIK DISINI

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

PIN BBM Terbaru infokyai D99E6B3E

Pesan Tiket Kapal Laut Via Online KLIK DISINI

Jadwal Sim Keliling Terbaru KLIK DISINI

Manfaat Buah Seri Beserta Daunnya

Foto Ist
Manfaat Buah Seri Beserta Daunnya ?
Tips Kesehatan, Infokyai.com - Assalamu'alaikum Wr. Wb, Kali ini tim infokyai ingin membahas mengenai manfaat-manfaat yang terkandung didalam buah seri beserta daun-daunnya. Sebelum kita membahas kematerinya nih!, temen-temen pada tahu belum apa itu buah seri?
Mau tahu info selengkapnya yuk mari kita simak bersama,


Buah kersen atau buah seri atau biasa disebut sebagai buah talok? Buah bundar dengan ukuran yang kecil ini sering kita jumpai sebagai pohon yang menghiasi halaman rumah. Buah seri atau yang biasa di sebut dengan kata ”Keres” atau ”Kresen” oleh orang jawa ini,bentuknya bulat kecil berwarna hijau dan akan merah setelah dia matang. Buah ini rasanya manis dan isinya air bercampur biji-bijian yang sangat kecil. 



Daunnya yang rimbun membuat siapapun akan betah berlama-lama dibawahnya menikmati kesejukan udara. Adapun nama lain buah seri ini guys, diantaranya;
Pohon kersen, pohon ceri atau talok, Kerukup Siam (Malaysia) dikenal, di datiles, aratiles, atau manzanitas (Filiphina). capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito,(Spanyol), Jamaican cherry, Panama berry, (Inggris) dan cherry Singapura)



Terkadang kita sering kali mengambil buahnya yang telah berwarna merah dan mencicipi rasanya manis. Tapi, tahukah Anda manfaat buah seri ini? Buah seri juga tidak kalah banyak manfaatnya di bandingkan dengan buah-buahaan yang lain, seperti apel, semangka, jeruk, manggis, mangga dan masih banyak lagi.
Siapa yang menyangka buah dengan ukuran yang kecil ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat. Rebusan daun kersen juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.


Selanjutnya kita akan membahas mengenai berbagai macam kandungan yang terdapat pada buah seri atau buah kersen. selengkapnya yuk! mari kita simak bersama.
Kandungan buah kresen atau buah seri setiap 100 gram adalah sebagai berikut:
Air (77,8 gram),
Protein (0,384 gram),
Lemak (1,56 Gram),
Karbohidrat (17,9 gram),
Serat (4,6 gram),
Abu (1,14 gram),
Kalsium (124,6 mg),
Fosfor (84mg),
Besi (1,18 mg),
Karoten (0,019g),
Tianin (0,065g),
Ribofalin (0,037g),
Niacin (0,554 g),
dan kandungan Vitamin C (80,5 mg).
Nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.
Sering kali ketika kalian melihat buah kresen atau lebih akrap dikenal dengan buah seri yang sudah matang, lansung saja kalian memetiknya dan memakannya langsung.
Temen-temen mungkin belum tahu nih, ternyata buah seri juga bisa dibuat sirup lho..
Mau tahu bagaimana cara membuat sirup buah seri?
Yuk kita simak bersama;
Cara Membuat Sirup seri

Bahan-bahannya meliputi buah kersen/seri matang, air, gula putih, kayu manis, garam, vanilla, dan alat yang digunakan adalah ember, panci, penumbuk (cobek), saringan dan botol untuk mengemas. Buah Kersen dipilih yang sudah matang (berwarna merah) lalu dicuci hingga bersih. Daging buah kersen dipisahkan dari kulitnya dengan cara di tumbuk lalu direbus dengan perbandingan 1 bagian air dengan 3 bagian kersen. (1:3). Kersen lalu dicampur dengan gula dengan perbandingan 1:2 beserta vanilla, garam, dan kayu manis secukupnya sampai mendidih dan harus terus diaduk. Setelah mendidih sirup kersen disaring untuk menghilangkan ampas. Produk olahan dari kersen ini tidak menggunakan bahan kimia apapun semuanya alami. Oleh karena itu, produk olahan ini lebih sehat daripada produk yang ada di pasaran pada umumnya.
Foto : Buah Seri - idntrend.com

Nah, tadi kita telah membahas mengenai manfaat-manfaat yang terkandung didalam buah seri atau buah kresen, selanjutnya nih guys?!, kita akan membahas mengenai manfaat yang terdapat pada daunnya.
Woww... Pasti kalian tak menyangkan kan, ternyata daunnya pun juga bermaafaat lho... =-d
buahnya aja banyak manfaatnya apa lagi daunnya.



Yuk.. Temen-temen silahkan baca info selengkapnya dibawah ini;
Daun kersen telah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional yang digunakan sebagai obat sakit kepala dan anti radang oleh masyarakat Peru.
Berikut beberapa manfaat daun dan buah kersen:



Yang pertama, manfaat daun dari pohon kresen berfungsi sebagai Antiseptik;
Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.



Yang kedua, manfaat daun dari pohon kresen juga berfungsi sebagai Antiinflamasi
Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.


Yang ketiga, manfaat daun dari pohon kresen juga berfungsi sebagai Antitumor;
Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.


Yang keempat sekaligus yang terakhir yang dapat kami informasikan untuk Anda, dari daun pohon kresen yaitu juga berfungsi sebagai Anti Uric Acid (Asam Urat)
Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.


Wah wah wah... Tak menyangka, ternyata banyak juga yah manfaat daun dari pohon kresen ini, buahnya yang kecil juga enak lagi kalau di makan, jadi tambah suka saya sama buah yang satu ini. *ungkap zilzul (penggemar buah seri/buah kresen)
Yaps! Benar banget guys, banyak kan manfaatnya.

Demikian sedikit informasi yang telah kami sajiakan untuk Anda, semoga membawa manfaat dan kami mengucapkan terimakasih kepada Anda yang telah meluangkan waktu Anda untuk sekedar membaca artiket ini.
Selamat mencoba dirumah
Salam hangat dari kami.
Wassalamua'laikum Wr. Wb (Makhedo)
Add Friend

Ikuti Infokyai Via Email:

Delivered by FeedBurner

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top