Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Sunday, July 16

Sejuta Manfaat Dari Matahari Yang Belum Kita Ketahui

Foto Ist
Sejuta Manfaat Dari Matahari Yang Belum Kita Ketahui 
Tentang Kesehatan, Infokyai.com - Assalamu'alaikum Wr. Wb, Sebelumnya tim infokyai telah membagikan tips mengenai menjaga kesehatan tubuh meskipun pada saat berpuasa. Kali ini tim infokyai ingin berbagi sedikit informasi mengenai manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh manusia. Anda tentunya telah mengetahui bahwa matahari merupakan pusat tata surya kita yaitu Bima sakti. Sinar matahari sendiri mempunyai peran dan manfaat yang begitu banyak sekaligus penting bagi kelangsungan hidup manusia di bumi.


Bagi manusia matahari adalah sumber kehidupan kedua setelah air.

Banyak ibu muda saat ini yang melarang anak mereka bermain di luar rumah karena alasan, “nak panas loh, nanti jadi item kulitnya kepanasan. Jangan main di panas-panasan ya.” *ungkapan yang sering muncul dari sang ibuda. Badahal sinar matahari adalah salah satu pengaktif vitamin D yang tersimpan dalam tubuh. Banyak sekali manfaat yang akan diserap oleh tubuh dari cahaya matahari yang menyentuh tubuh. Yang harus kalian ketahui nih guys, bahwa tidak semua sinar matahari bisa membawa dampak kesehatan bagi tubuh, dan sinar matahari yang sehat hanya berlangsung selama 3 jam. Jam terbaik untuk berjemur antara pukul 06.00 pagi hingga 09.00 pagi. selebihnya tidak lagi berdampak positif bagi kesehatan. Diwaktu inilah sinar matahari tidak terlalu terik.

Matahari menjadi sumber vitamin D alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk kalsium dan menjaga tulang serta mencegah terjadinya pengeroposan. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari berbagai makanan pokok sehari-hari seperti; Susu, tahu, telur, ikan salmon, udang, keju, sereal, jamur, minyak hati ikan cod, dan kedelai.

Apa sajakah manfaat matahari bagi kehidupan? Mari kita bahas satu per satu secara lebih detail.

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan


Manfaat yang pertama dari sinar matahari adalah dapat membentuk hormon seretonin.

Seretonin adalah sebuah hormon yang tercipta dari rangsangan sinar matahari. Hormon ini merupakan neurotransmitter pada otak yang melakoni tugasnya untuk mengontrol suasana hati. Semakin banyak hormon seretonin yang tercipta semakin baik pula kondisi hati dan mental Anda dalam mengontrol emosional.

Manfaat kedua dari sinar matahari adalah dapat terhindar dari depresi karena sinar matahari mampu melepaskan senyawa endorfin yang dapat mengurangi gejala depresi. Endorfin adalah suatu anti-depresan alami dalam tubuh yang sangat berguna dalam menangani kasus depresi musiman.


Manfaat yang ketiga adalah dapat meningkatkan sistem peredaran darah.

Sinar matahari dapat melebarkan pembuluh darah dalam kulit sehingga membuat sistem peredaran darah menjadi lancar bahkan meningkat. Dengan demikian, nutrisi dan oksigen akan banyak terseret ke seluruh sel-sel tubuh disaat pembuluh darah kapiler terbuka, otomatis kesehatan Anda pun semakin terjamin.


Selain itu, sinar matahari bermanfaat juga untuk mengurangi risiko kanker. Terlalu lama dibawah paparan sinar matahari (pukul 09:00 pagi lewat) akan memicu risiko kanker kulit. Namun, jika tubuh Anda terpancari oleh matahari di jam-jam dimana matahari masih bagus untuk kulit akan berdampak positif pula bagi kesehatan, salah satunya menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, kanker usus dan kanker ovarium.


Manfaat yang keempat yaitu dapat mencegah diabetes.

Sebuah penelitian di salah satu negara berhasil menemukan adanya manfaat bahwa sinar matahari yang mengenai tubuh dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Kelebihan gula dalam darah dapat meningkatkan risiko diabetes. Tapi, karena matahari diyakini cukup untuk mencegah diabetes tipe 1 pada anak-anak khususnya, Anda hanya perlu membiasakan diri untuk berjemur di pagi hari atau bisa juga rutin minum air perasan tebu karena salah manfaat air tebu juga dapat mencegah diabetes.


Manfaat yang kelima dari paparan sinar matahari adalah dapat mendetoksifikasi racun dari tubuh.

Sinar matahari memiliki kemampuan dalam mengeluarkan racun dari tubuh secara lebih efisien. Racun yang telah di detoksifikasi oleh cahaya matahari akan tereliminasi melalui darah.

Nah!, itu tadi 6 manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh. Meskipun tersimpan banyak manfaat dibalik panasnya sinar matahari tetap saja sesuatu yang berlebihan akan berdampak negatif. Yups! Benar banget tuh guys, jangan sampai berlebihan ya.... Jadi, yang temen-temen perlu diingat adalah untuk berjemur antara pukul 06.00 pagi hingga 09.00 pagi. selebihnya tidak lagi berdampak positif bagi kesehatan tubuh.


Dari artiket diatas dapat kita ambil kesimpulannya bahwa, sinar matahari sangat bermanfaat bagi tubuh hanya kurun waktu 3 jam saja tepatnya pukul 06:00 pagi hingga 09:00 pagi.

Dan manfaatnya adalah dapat membentuk hormon seretonin, dapat terhindar dari depresi, dapat meningkatkan sistem peredaran darah, bermanfaat juga untuk mengurangi risiko kanker, dapat mencegah diabetes, dan dapat mendetoksifikasi racun dari tubuh.


Demikianlah sedikit informasi yang telah kami sajiakan untuk Anda. Semoga membawa manfaat dan dapat menambah wawasan bagi Anda. Kami ucapkan terimakasih

Salam hangat dari kami Wassalamua'laikum Wr. Wb. (FMP/TM)
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments