Breaking News

Heboh, Ternyata Ada Kecelakaan di Brantiraya Lampung Selatan, Antara Kereta Api Dengan Mobil

 


Sempat bikin heboh warga dan masyarakat, ternyata ada kecelakaan yang terjadi di daerah Brantiraya Lampung Selatan pada Selasa, 25 Juni 2024, siang, antara kereta dengan mobil.

Menurut Manager Humas Divre IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari bahwa kecelakaan terjadi pada hari Selasa (25/6), pukul 11:55 wib, pusat pengendali menerima info dari Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) KA Kuala Stabas (Plb S5A) ditemper Mobil di perlintasan Jpl 20 di km 34+9/0 Petak Jalan Stasiun Tegineneng (Tgi) - Stasiun Branti (Bti). 

"JPL No. 20, merupakan JPL Resmi yang dijaga oleh petugas dishub. Rambu-rambu yang berada menuju perlintasan tersebut lengkap. Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) KA Kuala Stabas sebelum melewati perlintasan JPL 20 sudah membunyikan Semboyan 35 (Suling/Klakson) sebagai peringatan atau tanda bahwa KA akan melintas," kata dia.

Lanjutnya, kendaraan mobil dari arah Jalan Pasar Branti menuju Jalan Branti Raya/Jalan Lintas Sumatera. Sebelum melewati perlintasan, penjaga sudah mengingatkan akan ada KA yang melintas. 

"Akibat kejadian ini, KAI mengalami kerugian, diantaranya kondisi Lokomotif KA Kuala Stabas yang mengalami kerusakan. Selain itu, KA Kuala Stabas juga harus berhenti terlebih dahulu guna melakukan pemeriksaan rangkaian. Sehingga mengalami keterlambatan kedatangan di Stasiun Tanjungkarang selama 80 menit. Juga terdapat beberapa perjalanan KA Barang yang mengalami keterlambatan perjalanan," tutur dia.

Atas kejadian ini, pihak KAI meminta ke masyarakat pengguna kendaraan yang akan melintas di perlintasan sebidang KA, untuk selalu berhati-hati. Sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114, pengguna jalan wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

"Jangan menerobos perlintasan, pastikan aman sebelum melintasi rel kereta api dengan berhenti sejenak, tengok kanan dan kiri serta pastikan tidak ada kereta api yang mendekat," tutur dia.

Akibat kejadian ini kereta dan mobil tersebut mengalami kerugian materil dan terdapat 2 korban jiwa di dalam peristiwa ini. (Ma/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Info lampung, loker lampung, lowongan lampung, kuliner lampung