Breaking News

Bang Noe Sebut Gibran Effect Memicu Lahirnya Kandidat Muda di Pilkada Lampung

 



14 Februari lalu, masyarakat Indonesia secara resmi memilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk lima tahun ke depan


Legitimasi penuh terhadap hasil pemilihan ini semakin tercapai setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan terkait sengketa Pemilu pada April lalu.


Pencapaian Gibran sebagai wakil presiden di usia yang relatif muda, 36 tahun, mencatatkan sejarah dalam kepemimpinan nasional. 


Fenomena ini, yang disebut sebagai "Gibran Effect", berpotensi mempengaruhi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, termasuk di Provinsi Lampung.


Menurut analis politik, Bang Noe, kehadiran Gibran dalam politik nasional telah memicu lahirnya kandidat-kandidat muda yang potensial. 



Contohnya, di Kota Bandarlampung, Iqbal Ardiansyah, Ketua KNPI Provinsi Lampung, siap maju sebagai kandidat wali kota.


Di tingkat provinsi, ada dua nama calon gubernur muda, yaitu Umar Ahmad, yang sebelumnya menjabat sebagai Bupati Tulang Bawang Barat, dan Rahmat Mirzani Djausal, yang merupakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung.


Di tingkat kabupaten, kandidat-kandidat muda juga muncul, seperti Resmen Khadafi di Kabupaten Waykanan, dan M Reza Berawi di Kabupaten Pringsewu.


Pada tingkat yang lebih tinggi, Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kusuma Dewangsa, juga merupakan salah satu contoh dari kehadiran pemimpin muda dalam politik daerah.


"Kehadiran para kandidat ini memberikan harapan baru bagi masyarakat Lampung.



"Bahwa akan ada pemimpin baru yang muda dan berenergi, siap membawa perubahan dan inovasi bagi kemajuan daerah mereka masing-masing," jelasnya, Senin, 20 Mei 2024. 


Sebagai cerminan dari semangat Ir Soekarno yang menyatakan, "Berikan Aku 10 Pemuda maka akan Kuguncangkan Dunia", harapan besar diletakkan pada para pemimpin muda ini untuk membawa perubahan yang positif bagi Provinsi Lampung.


"Dengan demikian, kehadiran mereka dalam kontestasi Pilkada mendatang tidak hanya memberikan warna baru dalam politik Lampung.


"Tetapi juga membawa angin segar bagi masyarakat yang mendambakan perubahan dan inovasi," tutur dia. (Ma/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung