Breaking News

BANG NOE: Pemilih Muda, Jadi Penentu Pilkada Bandar Lampung


Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Kota Bandar Lampung akan menjadi peperangan merebut hati pemilih Muda, hal itu disampaikan oleh Muhammad Ibnoe Nugraha selaku Pemerhati Politik.

"Bagaimana tidak, sebanyak 420.419 jiwa dari total 790.125 jiwa yang menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) berada di rentang usia 17 – 39 Tahun atau sebesar 53,2% (Persen) dari total DPT yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung untuk Pemilihan Umum Legislatif (PILEG) dan Pemilihan Umum Presiden (PILPRES) yang baru saja usai pada 14 Februari 2024 lalu," kata Bang Noe sapaan akrabnya, 10 Mei 2024.

Lanjutnya, Jumlah pemilih dari generasi Milenial (Usia 25 – 39 Tahun) mencapai 34,6% (Persen) atau sekitar 273 Ribu Jiwa dari total DPT dan pemilih dari Gen Z (Usia 17 – 24 Tahun) sebanyak 18,6% (Persen) yang berjumlah 146 Ribu Jiwa. Dengan jumlah melebih setengah dari total DPT, maka dipastikan PILKADA Kota Bandar Lampung Kali ini akan didominasi oleh para pemilih muda.

"Eksistensi pemilih Milenial menjadi perhatian khusus untuk setiap kontestan yang ingin bertarung dalam PILKADA Kota Bandar Lampung, para kontestan harus mampu menjadikan kaum Milenial dan kaum Gen Z sebagai sekutu dan membuat mereka berfikir bahwa kontestan tersebut adalah ”The Choosen One” (yang terpilih) dibanding kontestan yang lain," ujar dia.

Menurutnya, Program Kerja yang ditawarkan para kontestan harus berorientasi pada kebutuhan dan keinginan para pemilih muda secara umum, kontestan PILKADA Kota Bandar Lampung harus mengusung program yang menjadi Solusi dan Jawaban dari masalah yang dihadapi oleh pemilih muda.

"Para kontestan juga harus mampu menjadi representasi pemilih muda berdasarkan umur karena kecenderungan pemilih akan memilih kontestan yang berada pada kelompok umur yang sama. Dan berkaca pada hasil Pemilihan Presiden (PILPRES) Februari lalu, Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden Terpilih Republik Indonesia 2024 – 2029 berada pada kelompok umur yang sama dengan pemilih muda," ujar dia.

Dengan kata lain, kata dia, "pemilih muda akan menjadi penentu utama dalam hasil PILKADA Kota Bandar Lampung 2024 – 2029 dan Bakal Calon Walikota Bandar Lampung yang membawa Program Unggulan untuk pemilih muda dan berada pada kelompok umur yang sama dengan pemilih muda maka jelas akan lebih diuntungkan dalam PILKADA mendatang,". (Ma/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung