Breaking News

Siap Laksanakan UTBK-SNBT, Itera Terapkan Pengawasan Ketat

 




Institut Teknologi Sumatera (Itera) siap menjadi lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024, yang mulai dilaksanakan, Selasa, 30 April 2024. Pelaksanaan UTBK di Itera akan diikuti sebanyak 2.089 peserta, yang terbagi dalam tiga sesi ujian.


Pelaksanaan UTBK dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 1, 3, dan 5 (Labtek OZT), pada Selasa, 30 April 2024 dan Kamis, 2 Mei 2024. Sebanyak 766 komputer telah disiapkan sebagai infrastruktur penunjang UTBK, termasuk 69 komputer cadangan. 


Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Dr. Abdul Rajak, M.Si., menyampaikan, Itera siap menyelenggarakan UTBK, karena segala infrastruktur komputer, jaringan internet, dan listrik telah rampung disiapkan, termasuk tenaga pengawas, dan infrastruktur pendukung kesehatan seperti ambulan dan petugas medis. Pelaksanaan  UTBK di Itera juga akan dilakukan dengan pengawasan ketat. Sebanyak 132 petugas pengawas akan memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar.


Abdul Rajak menambahkan, para pengawas juga telah mendapatkan pembekalan, beberapa waktu lalu. Dalam pembekalan tersebut, Abdul Rajak menekankan agar setiap pengawas, dapat mengecek identitas peserta secara detail, termasuk mengenali wajah peserta dengan foto di identitas. Selain itu, pengecekan berlapis juga akan diterapkan, baik secara manual oleh petugas, ataupun menggunakan alat metal detektor, untuk memastikan peserta tidak membawa benda-benda yang dilarang selama pelaksanaan ujian.


Sementara Kepala Unit Penunjang Akademik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPA TIK) Itera, Andre Febrianto, S.Kom., M.Eng., menyampaikan, persiapan infrastruktur juga telah rampung disiapkan. Mulai dari menginstall aplikasi ujian, menyiapkan server, hingga memastikan komputer yang digunakan untuk ujian dapat berkomunikasi dengan server dengan cara melakukan cek ping ke server kemudian melakukan uji coba aplikasi ujian.

Andre menambahkan, tim juga telah melakukan monitoring dan konfigurasi yang diperlukan agar koneksi internet tetap terjaga dengan baik, dan menyiapkan komputer cadangan di setiap ruang ujian.


“Bersama tim perlengkapan dan sarpras kami juga menyiapkan genset yang meng-cover semua komputer ujian serta server sebagai mitigasi terhadap kendala kelistrikan,” ujar Andre.


Dengan persiapan yang sudah dilakukan, Andre juga mengimbau agar setiap peserta tidak panik dan segera laporkan ke pengawas ujian apabila mengalami kendala saat ujian berlangsung, karena ujian tetap dapat dilanjutkan.


Perlu diketahui, bagi setiap peserta UTBK juga wajib membawa kartu tanda peserta ujian, fotokopi ijazah SMA/SMK/MA sederajat yang telah dilegalisasi, atau Surat Keterangan Lulus dari kepala sekolah yang dilengkapi foto terbaru, dan dibubuhi cap sekolah. Peserta juga harus sudah berada di lokasi ujian maksimal 30 menit sebelum ujian berlangsung, dilarang mengenakan kaos, dan diharuskan memakai sepatu. Panitia UTBK Itera juga menyediakan pusat bantuan atau helpdesk di Lantai 1 Gedung Kuliah Umum (GKU) 1 Itera. (Red)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung