Breaking News

Saat Mudik Lebaran, Humas Divre IV: Datang Lebih Awal Ke Stasiun, Agar Tidak Ketinggalan Kereta Api




PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang menyampaikan hingga H-1 Lebaran atau dari tanggal 31 Maret sampai dengan 9 April telah mengantarkan 29.886 pemudik ke berbagai tujuan. Jumlah tersebut meningkat 118 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023. Hingga Selasa (9/4), pelanggan yang telah melakukan pemesanan tiket untuk mudik maupun balik menggunakan kereta api pada periode H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) sebanyak 54.518 pelanggan.

“Untuk stasiun keberangkatan terpadat yaitu Stasiun Tanjungkarang, Stasiun Kotabumi, Stasiun Baturaja, Stasiun Labuhanratu dan Stasiun Martapura. Puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran atau pada 6 April, dengan jumlah 3.586 pelanggan,” ujar Manager Humas KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari. 

Ditambahkan Zaki, secara komulatif hingga hari ini pelanggan yang berangkat dari Stasiun Tanjungkarang dan Stasiun Labuhanratu sebanyak 12.819 penumpang. Selasa, 9 April 2024 tiket KA Rajabasa rute Tanjungkarang s.d Kertapati (PP) sudah habis terjual. Selain itu, untuk KA Kuala Stabas rute Tanjungkarang s.d Baturaja (PP) untuk keberangkatan 7 hari kedepan sebagian besar sudah habis, masih tersedia di tanggal-tanggal tertentu dengan ketersediaan di bawah 5 persen.

“Untuk penjualan KA Kuala Stabas baru mulai dilakukan H-7 keberangkatan. Keberangkatan tanggal 17 April baru bisa dilakukan besok Rabu (10/4),“ terang Zaki.

Zaki menambahkan, sejak tanggal 31 Maret hingga 9 April 2024 ini, terdapat 15 pelanggan yang tertinggal kereta api. Oleh karenanya, Ia berpesan agar pelanggan meluangkan waktu datang lebih awal ke stasiun untuk menghindari kemungkinan tertinggal kereta api mengingat volume kendaraan di jalan raya cenderung padat pada masa libur Lebaran ini. 

“Selain itu juga terdapat 12 penumpang yang gagal berangkat menggunakan kereta api. Dikarenakan identitas yang tertera di tiket, berbeda dengan orang yang akan berangkat. Sesuai dengan aturan KAI, penumpang yang berangkat kartu identitas yang dimilikinya harus sesuai nama yang tertera pada tiket. Jika tidak sama, penumpang tidak bisa berangkat. Baik penumpang yang tertinggal kereta api, maupun yang beda identitas, tiketnya menjadi hangus,” tegas Zaki.

Ia juga mengimbau agar pelanggan dapat memperhitungkan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun supaya tidak tertinggal kereta api. 

“KAI Divre IV Tanjungkarang akan terus memberikan pelayanan prima dengan mengutamakan on time performance baik keberangkatan dan kedatangan kereta api. Jadi, tidak ada penundaan keberangkatan maupun kedatangan sehingga pelanggan harus datang tepat waktu menuju stasiun agar mudik dengan kereta api tidak batal,” tutup Zaki. (Pu/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung