Breaking News

Mahasiswa KKN Unila Mendorong Pemberdayaan UMKM Melalui Inovasi Produk dari Singkong di Desa Kotabumi Way Kanan



 

Mahasiswa Universitas Lampung melakukan upaya pemberdayaan UMKM Kelompok Dasawisma Desa Kotabumi Way Kanan melalui pengenalan inovasi produk dari olahan singkong dengan nama “Cassava Roll”. Upaya mahasiswa KKN dalam mendorong pemberdayaan UMKM di desa ini dilaksanakan dengan mengadakan pengenalan inovasi produk, sosialisasi mengenai pemasaran produk menggunakan digital marketing, dan praktik pembuatan Cassava Roll bersama ibu – ibu dari Kelompok Dasawisma.

Sosialisasi digital marketing dan praktik pembuatan inovasi produk singkong tersebut dapat menambah keaktifan  kegiatan produksi UMKM dan kemampuan penerapan strategi pemasaran untuk penjualan dari Kelompok Dasawisma di setiap dusun Kotabumi Way Kanan. Selain itu, melalui pemberdayaan ini dapat meningkatkan keterampilan Kelompok Dasawisma dalam berinovasi melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam untuk menciptakan suatu produk penjualan yang mampu menambah penghasilan masyarakat desa demi tercapainya ekonomi yang lebih baik.  Kegiatan ini dilakukan mahasiswa KKN pada hari Minggu, 28 Januari 2024 yang dihadiri oleh pihak aparatur desa, pengurus PKK, remaja, anak – anak, tendik SDN 01 Kotabumi Way Kanan, serta kelompok Dasawisma yang terdiri dari ibu – ibu rumah tangga.



· Pengenalan inovasi produk “Cassava Roll”

 

Cassava Roll adalah produk makanan berbahan dasar singkong dengan ciri khas  tampilan lapisan kue yang digulung. Cassava Roll menjadi sebuah inovasi produk dari singkong yang dikenalkan mahasiswa KKN kepada masyarakat terutama pelaku UMKM dari kelompok Dasawisma Desa Kotabumi Way Kanan. Di desa tersebut, singkong menjadi salah satu komoditas unggul yang tumbuh subur di lahan perkebunan. Maka dari itu, komoditas singkong tersebut dapat dimanfaatkan menjadi sebuah olahan yang memiliki nilai tambah dan pendapatan bagi masyarakat. 

 

· Sosialisasi Digital Marketing kepada Kelompok Dasawisma

 

Mahasiswa KKN memberikan edukasi mengenai penerapan digital marketing yang tepat untuk pemasaran produk penjualan yang dijalankan oleh UMKM Kelompok Dasawisma. Sosialisasi tersebut berisikan penjelasan social media marketing, penentuan target pasar, pengenalan aplikasi editing untuk promosi online, serta pemberian saran – saran mengenai strategi konten yang menarik bagi konsumen. Melalui sosialisasi digital marketing ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan  keterampilan dalam penggunaan teknologi informasi bagi ibu – ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Dasawisma.

 

·Praktik pengolahan produk Cassava Roll

 

Kumpulan ibu – ibu Dasawisma melakukan praktik pengolahan inovasi produk dari Singkong yang dipandu oleh mahasiswa KKN Unila. Dalam kegiatan pembuatan produk Cassava Roll ini, terlihat ibu – ibu Dasawisma setiap dusun kreatif dalam berkreasi membuat olahan produk agar memiliki  cita rasa yang khas dan tampilan yang menarik.   Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ibu Lurah Kotabumi Way Kanan. Menurutnya, program kegiatan ini sangat bagus untuk mendorong keaktifan kembali kegiatan UMKM Kelompok Dasawisma yang sempat stuck di kegiatan rutin produksi karena alasan tertentu. Dengan begitu, melalui program kegiatan ini dapat menjadi salah satu Gerakan dari mahasiswa Unila untuk memberdayakan UMKM Desa Kotabumi Way Kanan. 

 

 

Pengenalan inovasi produk dan pemandu praktik olahan produk : Nadiya Destriantari

Pengenalan digital marketing : Meivia Intan Pradanti

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung