Breaking News

Menteri Nadiem Makarim Sebut Mahasiswa Tak Wajib Bikin Skripsi

 


Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menyatakan mahasiswa tidak wajib skripsi sebagai syarat kelulusan mahasiswa S1 atau D4.


"Tugas akhir bentuknya macam macam, bisa bentuk prototype, proyek, bisa berbentuk lainnya, bukan hanya skripsi, tesis dan disertasi. Keputusan ini ada di masing masing di Perguruan Tinggi (PT)," kata Nadiem yang disiarkan Youtube Kemendikbud RI pada Selasa, 29 Agustus 2023.


Nadiem menilai tidak semua kompetensi dapat diukur melalui skripsi, namun saja syarat lulus diserahkan kepada setiap masing masing Perguruan Tinggi.


"Misal progam studi ini, sudah menerapkan program best learning dalam kurikulum mereka, prodi itu bisa memilih, dan bisa berbicara ke Badan Akreditasi. Tidak membutuhkan tugas akhir, karna sudah membuktikan slama tahun tahun ini, ini bisa dilakukan," kata Menteri Nadiem.


Sambung kata Nadiem, "Jadi untuk prodi yang prosesnya sudah project B, sudah ada pembuktian hasil kompetensi, tugas akhir tidak wajib, tentu badan akreditasi harus diyakinkan ya,". 


Perlu diketahui ketentuan itu tertuang Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) No 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.(Pt/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung