Breaking News

Gunung Anak Krakatau (GAK) Dua Kali Erupsi Hari Ini

 


Gunung Anak Krakatau (GAK) dua (2) kali erupsi pada hari Kamis 11 Mei 2023, hal itu disampaikan di laman magma.esdm.go.id/v1/gunung-api/informasi-letusan/KRA.


Berdasarkan informasi PVMBG, bahwa GAK pertama kali erupsi pada pukul 05.19 WIB. Kemudian kedua kali erupsi pada 12.41 Wib.


Pada erupsi pertama, ketinggian abu vulkanik dari GAK mencapai 3.000 meter. Kemudian erupsi kedua, ketinggian kolom abu teramati kurang lebih 1.000 m diatas puncak atau kurang lebih 1.157 m di atas permukaan laut.


Berdasarkan Laporan Pengawas Gunung Anak Krakatau, Anggi Nuryo Saputro, A.Md dari laman resmi PVMBG, Kamis, (11/5/23) mengatakan bahwa Gunung Api Anak Krakatau terletak di Kab\Kota Lampung Selatan, Lampung dengan posisi geografis di Latitude -6.102°LU, Longitude 105.423°BT dan memiliki ketinggian 157 mdpl.


"Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 25-150 meter dari puncak. Cuaca berawan, angin lemah ke arah barat daya," kata dia.


Anggi menghimbau untuk warga dan masyarakat untuk dapat lebih berhati-hati, mengingat kondisi di GAK masih dalam status siaga.


"Masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati G. Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif," ujar dia. (Fe/ik).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung