Breaking News

Terkait Soal Banjir, Koordinator BEM Nusantara Lampung Harap Semua Pihak Bisa Terlibat



Hampir di beberapa daerah di provinsi Lampung mengalami musibah banjir, hal itu karena dampak curah hujan tinggi.


Dari persoalan itu, ada warga masyarakat menyalahkan dinas terkait, salah satunya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dinilai tidak sigap.


Menanggapi hal tersebut, Ketua kordinator BEM Nusantara Lampung, Rudiansyah menyebut sejatinya setiap bencana yang melanda memang tidak dapat diduga-duga.


"Bencana ini 'kan terkait dengan siklus. Kalau kita tarik sejarah, banjir serupa juga pernah terjadi pada tahun 1984-1985 dan 2004, jadi itu jaraknya 20 tahun 'kan," ucapnya, Jumat, (10/3/2023).


Meski BPBD maupun BMKG bisa memprediksi curah hujan, tapi dugaan dan perhitungan yang biasanya nyaris tepat saat itu memang jatahnya meleset.


"Perhitungan teknis yang sewaktu-waktu bisa meleset atau melenceng dari apa yang dirumuskan itu," terangnya.


Menurut Rudi, penanggulangan bencana ini tidak hanya menjadi kewajiban satu instansi, namun harus melibatkan masyarakat, mahasiswa, BEM dan okp dari jauh hari.


Ia juga meminta pemerintah harusnya dapat berkaca dan mengambil pelajaran dari beberapa kejadian yang telah terjadi. "Kita harapkan pemerintah itu mengambil pelajaran dari yang lalu, untuk bisa membina masyarakat juga agar mampu berperan dalam penanggulangan bencana," imbuhnya.


Terutama dalam proses evakuasi atau persiapan bahan makanan bila sewaktu-waktu musibah yang sama atau berbeda terjadi lagi. (Red).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung