Breaking News

Doa Ketika Hujan Turun, Lafadz dan Artinya

 

Doa Ketika Hujan Turun, Lafadz dan Artinya

Hujan adalah salah satu keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT, bayangkan dengan turunnya hujan ladang-ladang pertanian menjadi subur, dan tanah yang kering pun menjadi tidak tandus lagi, namun saja jika hujan tersebut tidak berlebihan, namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mana badan yang menangani soal cuaca, terkadang menghimbau bilamana akan terjadi cuaca ekstrim. 

Bersyukurlah dengan turunnya hujan, karena dengan turunnya hujan, bumi ini tidaklah kering, banyak yang tumbuh subur dengan turunnya hujan. Disaat hujan turun Islam menganjurkan kepada umatnya, untuk dapat berdoa ketika hujan turun. Berdoa disaat hujan turun merupakan salah satu bentuk wujud rasa syukur hambanya kepada Allah SWT, dan memohon perlindungan disaat hujan turun, agar tidak mendatangkan bahaya, namun mendatangkan keberkahan. 

Imam Syafi'i telah meriwayatkan dalam kitab al-Umm dengan sanad yang mursal, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan. 

Doa Ketika Hujan Turun

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

“Allahumma shayyiban nafi’an."

Artinya: Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhari dari Aisyah RA). 

Doa ketika takut bahaya hujan deras

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari."

Artinya: Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan. (HR Bukhari Muslim) 


Doa Saat Turun Hujan dengan Angin Kencang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ


Allahumma inni as aluka khoiraha wa khoira ma fiha wa khoira ma ursilat bihi wa a'udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Artinya; "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya."

Doa Saat Turun Hujan dengan Angin Kencang dan Petir

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ


Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: "Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya."

Doa Hujan Reda

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

"Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi."

Artinya: Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari)


Demikian kumpulan doa ketika turun hujan, doa hujan disertai angin dan petir dan doa setelah hujan turun, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa sebarkan ke teman-teman anda, agar mereka mengetahuinya. (ma/ik)





0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung