Breaking News

Budidaya Tanaman Hidroponik bisa menjadi pilihan Untuk usaha Bisnis

Foto : infokyai


Hidroponik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah, namun menggunakan air sebagai media tanam. Larutan air ini mengandung nutrisi agar tanaman dapat tumbuhan  berkembang secara baik.


Dengan budidaya hidroponik, hasil tanaman akan lebih banyak, segar dan renyah saat dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan kimia pestisida. Budidaya tanaman Hidroponik bisa menjadi pilihan alternatif karena tidak banyak mengunakan lahan dan tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. 

Foto : infokyai


Budidaya tanaman hidroponik saat ini mulai berkembang di masyarakat. Salah satu pengusaha budidaya hidroponik yakni Yopi Hidayatullah seorang mahasiswa Universitas Lampung jurusan Pendidikan Geografi. Iya memberanikan diri untuk memulai usaha di desa tempat ia tinggal, yaitu Desa Merbau Mataram, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selata.


Menurut Yopi, tanaman hidroponik memiliki banyak keunggulan yaitu kualitas tanaman yang dihasilkan jauh lebih baik. Hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung dalam air yang mengalir akan lebih mudah diserap oleh tanaman. 


"Keunggulan dari sistem hidroponik lainnya yaitu kita bisa mengatur nutrisi yang kita berikan untuk tanaman sehingga tanaman yang kita harapkan sesuai harapan kita," Jelas Yopi kepada Infokyai


Selain memiliki keunggulan, tanaman dengan sistem hidroponik juga ada kekurangannya yaitu kendala yang dihadapi  ketika musim penghujan. Saat musim hujan,  bibit/semaian terkadang tidak tumbuh.


"Jika bibit tidak tumbuh, maka kita akan buang," tuturnya

Foto : Infokyai


Dalam perawatan tanaman hidroponik hampir sama dengan tanaman konvensional yang menggunakan media tanah. Sebagai contoh, ketika bibit/semaian mulai tumbuh maka akan banyak hama yang menyerang seperti jamur dan ulat.


"Tanaman yang terkena jamur akan kita buang sehingga tidak menyebarkan penyakit ke tanaman yang lain," Jelasnya  


Yopi menjelaskan lebih lanjut bahwasanya  pertumbuhan tanaman hidroponik harus selalu dikontrol agar menjaga tanaman tetap baik dan berkualitas sehingga mampu bersaing dipasar modern. Saat ini, sayuran dengan sistem hidroponik banyak dicari dipasar modern. Ini merupakan sebuah peluang bisnis(Tio)


0 Komentar

© Copyright 2022 - Info lampung, loker lampung, lowongan lampung, kuliner lampung