Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Jumat, September 9

Hari Ini, Gempabumi Tektonik M 3,2 Dirasakan di Lampung, BMKG Himbau Warga Agar Tetap Tenang

 



Hari ini gempabumi dirasakan di Lampung tepatnya di Pesawaran dengan kekuatan M3,2. Laporan gempabumi itu, tercatat BMKG, hal itu disampaikan oleh Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang HARTANTO, ST, MM.


"Hari Jumat, 09 September 2022 pukul 02:36:40 WIB, wilayah PESAWARAN-LAMPUNG dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,2. Episenter terletak pada koordinat 5.45 LS dan 104.99 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km BaratDaya PESAWARAN-LAMPUNG pada kedalaman 2 kilometer," kata Hartanto pada Jumat, (9/9/22).


Lanjutnya, Jenis dan Mekanisme Gempabumi, dengan perhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas aktivitas sesar lokal. 


"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pringsewu dan Pesawaran dengan Skala Intensitas III - IV MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu - Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi )," ujar dia.


Sambungnya, "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,".


Dia menambahkan Gempabumi Susulan, hingga pukul 03:04 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.


BMKG imbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tutur dia. (F/ik).

Artikel Terkait

Comments
0 Comments