Breaking News

Gempabumi 5,4 Magnitudo Guncang Lampung, BMKG Imbau Agar Tetap Tenang dan Tidak Terpengaruh Isu

 


Gempabumi yang mengguncang daerah Lampung sempat bikin geger masyarakat, dari hal itu, tercatat di BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,18° LS ; 104,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 Km arah Selatan Bangkunat, Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 63 km.


"Hari Selasa 31 Mei 2022 pukul 14.10 WIB wilayah Tanggamus, Lampung," tutur Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno,M.Si.


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng, lanjutnya hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).


"Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Lampung Barat dengan skala intensitas III - IV MMI ( Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi ), Liwa dan Lemong dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ), Tanggamus dengan skala intensitas II - III MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ), Kota Bengkulu, Kepahiang, Kota Agung, Pesawaran, OKU Selatan dan Pringsewu dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang )," ujarnya.


Sambungnya, "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini Tidak berpotensi tsunami,".


BMKG Imbau masyarakat agar tetap tenang & tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (M).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung