Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Rabu, Maret 23

Nelayan di Bandar Lampung Gelar Ruat Laut, Ada yang Tau? Simak!


 Nelayan di Bandar Lampung Gelar Ruat Laut, Ada yang Tau? Simak!


Ruat laut yang digelar pada Rabu, (23/3/22), siang oleh sejumlah nelayan di Bandar Lampung jadi pusat perhatian warga yang mana belum mengetahui, terkait acara ruat laut.

.

.

Nah perlu yai, atu tau nihh bahwa ruat laut ini, merupakan sebuah tradisi nelayan yang berada di sekitar teluk Bandarlampung lho.

.

.

Menurut keterangan Amirul Hadi warga Gudang Lelang, di Bandar Lampung bahwa kegiatan Ruat Laut, pasti banyak warga yang belum mengetahuinya, apalagi yang bukan warga pesisir laut.

.

.

"Ruat laut merupakan kebiasaan tradisi nelayan di sekitar teluk yang mana pelarungan kepala kerbau merupakan simbolis hal hal buruk yang sudah terjadi yang mana hal buruk tersebut harus di buang jauh jauh dari masyarakat," kata Amirul, Rabu, (23/2/2022), ceritanya kepada infokyai.

.

.

Dia menyebut, hal ini bertujuan sebagai bentuk rasa syukur ya, dari nelayan kepada Allah SWT.

.

.

"Bertujuan sebagai rasa syukur kepada sang maha kuasa (Allah SWT) yang telah mengaruniakan keselamatan (Inayah) kepada seluruh nelayan," ujarnya.

.

.

Lanjut kata Amir, kegiatan Ruat Laut ini, harusnya kegiatannya tahunan, namun karena masa pandemi covid-19, sehingga ya beberapa tahun ada yang tidak diselenggarakan.

.

.

"Ada beberapa tahun Ruat Laut tidak digelar, karna kondisi yaa masih pandemi, jadi batasan-batasan harus dipatuhi," papar Amir.

.

.

Rangkaian kegiatan besok, Kamis 24 Maret 2022, kata Amir, jika tak ada halangan, akan digelar tanam Mangrove, yang mana lokasinya di sekitar Pulau Pasaran, Bandar Lampung.

.

.

"Sekitar jam 8 an pagi, besok ada penanaman Magrove," tuturnya. (Mp).

Artikel Terkait

Comments
0 Comments