Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Sabtu, Desember 4

Mantap! Mahasiswi Unila Raih Juara 1 Musbaqah Makalah Quran pada MTQ Provinsi Lampung 2021

Mantap! mahasiswi UNILA Durroh Nihayah Hamhij jadi pemenang pada perlombaan Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Qur’an (MMQ).
.
.
Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Lampung 2021, digelar mulai tanggal 26 November s.d 2 Desember 2021 di Islamic Center Rajabasa. 
.
.
Durroh yang menjadii peserta mewakili kafilah Kabupaten Lampung Utara berhasil menjadi juara setelah bersaing dan mengalahkan tiga pesaing beratnya di babak Final yang berasal dari 3 Kafilah kabupaten yang berbeda (Tanggamus, Lampung Selatan dan Pringsewu). 
.
.
Mahasiswi Magister Pendidikan IPS (FKIP) UNILA dan Alumni S1 Pendidikan Ekonomi 2015 (FKIP) UNILA ini memaparkan dalam babak Final, berjudul “Kesadaran Lingkungan: Manifestasi Patriotisme Perspektif al-Qur’an”. Pada Babak Final ini, Durroh berhasil tampil memukau dengan mengungguli peserta lain mendapat total nilai 67,6 sedangkan pesaingnya (Tanggamus: 62,9), (Lampung Selatan: 61,6), (Pringsewu: 59,5).
.
.
Menurutnya, dengan menjaga lingkungan hidup seseorang telah mencerminkan sikap patriotismenya. Menjaga lingkungan berarti ikut melestarikan alam yang menjadi sumber kehidupan bagi manusia dan merupakan amanat dari Allah SWT. 
.
.
Dalam paparan makalahnya, Durroh mengutip salah satu ayat  Al-Qur’an yakni QS. Ar-Ruum ayat 41 yang artinya: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
.
.
Dengan landasan ayat ini Durroh menyampaikan peran penting manusia dalam menjaga lingkungan hidup dan ekosistemnya, agar tidak terjadi kerusakan alam yang dapat memicu banyaknya bencana alam yang dapat diterima oleh manusia akibat perbuatan merusak lingkungan tersebut. Adapun perwujudan nilai-nilai yang baik dalam pelestarian lingkungan hidup yang dijelaskan Durroh 1) Sikap Hormat terhadap alam (Respect for nature). 2) Prinsip tanggung jawab (Moral Responsibility for nature). 3) Solidaritas Kosmis (Cosmic Solidarity) dan juga 4) Prinsip kasih sayang dan kepedulian terhadap alam (caring for nature).
.
.
Keberhasilannya dalam mencapai prestasi sebagai juara 1 ini tidak terlepas dari usaha dan latihan keras yang telah dilakukan sebelumnya. Keberhasilan ini juga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri khususnya bagi keluarga besar Hamhij dan Almamater UNILA. Anak ke-13 dari pasangan bapak Drs. Ahmad Mun’im Hijassiy dan Ibu Arsiyah Ali turut serta berusaha untuk mempersiapkan generasi Qur’ani melalui aktualisasi nilai-nilai al-Qur’an meskipun berada pada kampus Umum. (Red)


 

Artikel Terkait

Comments
0 Comments