Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Mau Investasi? Gabung Dibawah ini

Sabtu, November 6

Latihan Bersama Muli Mekhanai di Gunung Sugih Lampung Tengah, Camat Chandra: Lestarikan Budaya

 



Latihan Bersama Muli Mekhanai di Gunung Sugih Lampung Tengah, Camat Chandra: Lestarikan Budaya



Latihan bersama muli mekhanai di Halaman Kopiah Emas Gunung Sugih Lampung Tengah, menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk dapat mengenal budaya.


Terkait latihan itu, Camat Gunung Sugih Chandra Sukma SSTP, MM mengatakan bahwa kegiatan ini, latihan bersama menjadi tempat muli mekhanai di seputar gunung sugih mengetahui tentang adat & budaya Lampung.


"Kita adakan latihan 2 kali dalam seminggu ya, malam Kamis dan malam Minggu dan sebelumnya memang sudah banyak latihan, namun berpindah-pindah tempat, kami inisiatif gelar di seputaran kopiah emas," kata Chandra saat diwawancarai infokyai, Sabtu 6 November 2021.


Lanjutnya, Kegiatan perubahan setiap minggunya ada, minggu lalu latihan alat kulintang tabuhan tari yang ada di Lampung Tengah,  dan ada pelatihan gitar tunggal.


"Tujuannya ingin membangkitkan kembali rasa peduli adat budaya yang mungkin selama ini sedikit tergerus karena perkembangan zaman," ujarnya.


Sambungnya, "Jadi pesan untuk pemuda/i yang ada di Lampung Tengah, ketahuilah pengetahuan tentang adat budaya di Lampung Tengah, agar budaya yang sudah diturunkan oleh leluhur kita tidak punah dan terus dilestarikan,".


Sementara itu, Rosim Nyerupa yang merupakan mekhanai di Lampung Tengah mengatakan bahwa kegiatan latihan seperti pengenalan adat dan budaya ini, perlu dikembangkan lagi, supaya anak-anak muda, bisa memahami akan budaya Lampung.


"Tentu adanya latihan ini, bagus ya, jadi anak-anak muda jadi tau terkait pengetahuan adat budaya Lampung, dan perlu dilestarikan," kata Rosim. (Ian/Tio)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments