Breaking News

Dua Pemburu Liar di Kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Berhasil Diamankan



Dua Pemburu Liar di Kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Berhasil Diamankan


Petugas gabungan Polisi Kehutanan (Polhut) Taman Nasional Way Kambas (TNWK) dan Sat Reskrim Polres Lampung Timur menangkap dua pelaku pemburu liar di kawasan TNWK.


Kasat Reskrim Polres Lamtim AKP Ferdiansyah mendampingi Kapolres Lamtim AKBP Zaky Alkazar Nasution menjelaskan, kedua tersangka adalah AS (24) dan AK (40), warga Kecamatan Putra Rumbia, Lampung Tengah. Mereka ditangkap saat melakukan perburuan liar di dalam kawasan TNWK pada Jumat, 13 Agustus 2021. 


"Petugas mendapatkan informasi adanya aktifitas mencurigakan sejumlah orang di kawasan TNWK tepatnya di daerah Penanggungan, Resort Umbul Salam, Wilayah II Bungur. Berdasarkan informasi itu, petugas gabungan yang berpatroli kemudian menuju Desa Rajawali, dan selanjutnya menyeberang menggunakan perahu speedboat menuju daerah Penanggungan wilayah RPTN Umbul Salam," katanya, Sabtu, 14 Agustus 2021. 


Setelah itu, petugas melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1 km dan melakukan pengintaian. Lalu pada keesokan harinya, sekitar pukul 8.35 WIB, petugas mendapati enam orang sedang membawa satu ekor hewan rusa hasil buruan dalam keadaan mati, dan satu ekor anakan rusa yang masih hidup. 


"Petugas langsung melakukan penyergapan, dan meringkus dua tersangka yaitu AS dan AK. Sementara empat tersangka lainnya berhasil meloloskan diri," ungkapnya. 


Selain mengamankan dua tersangka, petugas juga menyita barang bukti berupa kepala rusa,potongan daging rusa,seekor anak rusa dalam keadaan hidup, dua pucuk senjata api laras panjang, 25 butir peluru kaliber 55,6 mm, satu unit HT Baofeng model UF 5R, dua tas pinggang, enam karung plastik, dua korek api gas dan sebuah sarung pisau, satu paket obat obatan, dan dua buah sebo. 


“Saat ini kedua tersangka tersebut sudah kami amankan di Mapolres Lamtim untuk menjalani proses pengembangan penyidikan lebih lanjut,” kata AKP Ferdiansyah. (ian).


0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung