Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Mau Investasi? Gabung Dibawah ini

Sabtu, Juli 10

PCNU Bandar Lampung, Ichwan Adji Ajak Warga untuk Distribusi Daging Qurban ke Daerah Minim




PCNU Bandar Lampung, Ichwan Adji Ajak Warga untuk Distribusi Daging Qurban ke Daerah Minim



Qurban itu adalah sunnah kifayah. Maksudnya, jika satu anggota keluarga sudah melakukannya, maka semuanya telah memenuhi yang sunnah. Seandainya tidak ada yang berqurban dalam satu keluarga, hal itu dimakruhkan. Namun tentu saja yang dikenakan di sini adalah orang yang merdeka dan berkemampuan.(Kifayah Al-Akhyar fi Halli Ghayah Al-Ikhtishar, hlm. 579).


Berbicara mengenai berqurban, tentu berkaitan erat dengan distribusi hewan qurban. Ada beberapa tempat yang tidak terdistribusi hewan qurban, seperti daerah pedesaan,  perkampungan, atau wilayah-wilayah tertentu yang minim akan hewan qurban.


Dalam hal ini, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandar Lampung, Ichwan Adjie Wibowo menyampaikan bahwa dari tahun ke tahun, distribusi hewan qurban di kota Bandar Lampung terkadang tak merata.


Bahkan, Ada sejumlah tempat di kota Bandar Lampung memiliki jumlah hewan qurban yang bisa dibilang banyak, namun juga ada sejumlah tempat yang dikatakan minim hewan qurban.


"Nah, ini tentu menjadi persoalan kita semua, dimana kedepan kita perbaiki distribusi hewan qurban ini,"kata Ketua PCNU Kota Bandar Lampung Ichwan Adjie Wibowo, saat diwawancarai oleh Infokyai, kamis, (8/07/2021), siang.


Lanjut kata Ichwan, pemotongan hewan qurban ini, banyak terjadi dikawasan elit (kategori ekonomi penghasilan menengah ke atas), oleh itu, perlu adanya kesadaran sejumlah pihak untuk distribusi daging qurban ke tempat yang minim akan daging qurban.


"Kawasan elit itu pemotongannya (hewan qurban) berlimpah, tapi diupayakan sebisa mungkin itu didistribusikan ke tempat-tempat lain, yang dimana pemotongan hewan qurbannya minim,"ujarnya.


Menurutnya pemotongan hewan qurban tidak harus selalu dimana didekat tempat tinggal berada ya, namun ditempat lain yang minim atau tak ada hewan qurban bisa.


"Banyak masyarakat yang sangat membutuhkan, nah qurban saja langsung disitu,"tuturnya.


Sambungnya, "Berqurban ini juga menjadi bagian dari syiar Islam, kedua-duanya harus dijalankan dengan baik,".(ndon)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments