Breaking News

Menag Yaqut Minta Masyarakat Patuhi Edaran PPKM Darurat & Tidak Mudik Momen Idul Adha

 



Menag Yaqut Minta Masyarakat Patuhi Edaran PPKM Darurat & Tidak Mudik Momen Idul Adha


Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil imbau masyarakat untuk membatasi mobilitas dan tidak mudik pada momen Idul Adha tahun 2021, ini guna menekan laju penyebaran COVID-19. 


“Kemenag akan segera berkoordinasi dengan ormas-ormas Islam, untuk bersama-sama mengimbau kepada masyarakat tidak melakukan mudik Idul Adha, karena kita tahu mudik ini akan micu penyebaran virus COVID-19 ini,” kata Menag dalam keterangan pers, Jumat (16/07).


Lanjut kata Yaqut, Menag telah mengeluarkan Surat Edaran Menag Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban 1442 H/2021 M di Daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.


Dijelaskan Menag, ada tiga poin pokok yang diatur dalam SE tersebut. Pertama, kegiatan peribadatan di rumah ibadah semua agama yang berada pada wilayah Zona PPKM Darurat ditiadakan sementara. Kedua, penyelenggaraan malam takbiran di masjid/musala, takbir keliling, serta penyelenggaraan Salat Iduladha di masjid/musala yang berada pada wilayah Zona PPKM Darurat ditiadakan sementara. Ketiga, mengatur petunjuk teknis pelaksanaan kurban yang sesuai dengan syariat Islam dan penerapan protokol kesehatan.


"Ketika pemerintah mengeluarkan peraturan yang sifatnya melindungi masyarakat, maka pemerintah wajib untuk dipatuhi. Ini hukum dalam Islam; taat kepada Allah, taat kepada Rasul, dan taat kepada ulil amri atau pemerintah,” ujarnya.


Sambungnya, "Sama sekali tidak ada pemerintah melarang orang beribadah, tidak ada. Justru pemerintah menganjurkan semua umat, khususnya umat Muslim yang sebentar lagi merayakan Idul Adha, untuk semakin rajin dalam beribadah, semakin sering mendoakan negeri ini, mendoakan dunia, mendoakan umat manusia supaya terlepas dari pandemi COVID-19,”. (Red).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung