Breaking News

Wah, Heboh Hujan Es di Lampung Tengah, Ini Kata BMKG Lampung!




Wah, Heboh Hujan Es di Lampung Tengah, Ini Kata BMKG Lampung!



Fenomena hujan es terjadi di Kecamatan Bandar Mataram, Kabupaten Lampung Tengah, Minggu (28/2/2021) siang.


Peristiwa hujan es di Desa Sendang Agung, Kecamatan Bandar Mataram, Kabupaten Lampung Tengah, ini viral di media sosial. Beberapa warga tampak memposting fenomena hujan es. 


Seperti yang posting akun Facebook Kang Den. Dalam postingannya, Kang Den menampilkan video saat hujan es terjadi. "Ya Allah hujan es," kata dia di dalam video. 


Menurut orang yang ada di dalam video, es yang jatuh cukup besar. "Es nya gede loh.. Ya Allah. Es. Hujan es," teriak orang yang ada di dalam video. 


Kasi Data dan Informasi BMKG Radin Intan II Lampung, Rudi Hariyanto, membenarkan adanya fenomena hujan es di Lampung Tengah. 


Menurut Rudi, hujan es yang terjadi luasannya tidak begitu luas dan durasinya pendek. "Tim kami masih menganalisa baik data-data dari radar maupun satelit," ujarnya, melansir Suaralampung.id, Senin (1/3/2021).


Memang kata Rudi, kemarin terjadi hujan dengan kisaran intensitas sedang hingga lebat di Lampung Tengah. Fenomena hujan es menurut Rudi, adalah hal biasa dalam fenomena alam. 


Hujan es biasa terjadi karena adanya awan cumulunimbus atau awan hitam pekat yang dari pandangan mata tidak tinggi. "Freezing level antara suhu dingin sampai ke permukaan. Kalau hujan dingin di awannya biasanya sampai ga begitu sampai dasar sehingga ketika jatuh ke bumi berupa air. Karena awannya terlalu pendek, sehingga freezing level sampai ke bawah.  sehingga es nya itu jatuh ke permukaan masih berupa gumpalan es< jelas Rudi. (*)


0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung