Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Mau Investasi? Gabung Dibawah ini

Minggu, Februari 7

Gelar Open House Virtual ITERA Kenalkan Kampus ke Calon Mahasiswa


LAMPUNG SELATAN. Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar kegiatan Open House secara virtual sebagai ajang mengenalkan kampus kepada calon mahasiswa, Sabtu – Minggu, 6-7 Februari 2021. Melalui kegiatan tersebut calon mahasiswa dari seluruh Indonesia diajak hadir ke kampus ITERA secara virtual, mengenal lebih dekat kehidupan kampus.
Lebih dari 1.300 peserta mendaftar mengikuti kegiatan Open House ITERA 2021 yang dibuka langsung oleh Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., IPU. Kegiatan ini juga diisi oleh para narasumber diantaranya Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik, Prof. Dr.- Ing.Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., Staf Ahli Rektor ITERA Bidang Pengembangan yang juga Ketua Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) ITERA Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA., para ketua jurusan hingga perwakilan program studi di ITERA.
Dalam kegiatan yang dipandu oleh mahasiswa duta ITERA, Keren Natalia, Rektor ITERA menyambut hangat para calon mahasiswa ITERA yang meski belum bertemu secara langsung karena suasana pandemi Covid-19, namun tetap antusias mengenal ITERA. Kegiatan virtual tersebut disebut menjadi ajang calon mahasiswa untuk memantapkan pilihan jurusan yang akan menjadi jembatan menuju kesuksesan. 
“Kami membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dan para guru untuk bertanya, dan mencari tahu tentang ITERA. Jangan sampai salah menentukan jurusan, karena sangat penting mengenal prodi, sehingga ketika lulus kalian dapat bekerja sesuai bidang yang diminati,” ujar Rektor.
Rektor juga menyampaikan, bahwa ITERA lahir karena keinginan pemerintah pusat agar para calon mahasiswa tidak lagi  ke Pulau Jawa untuk mengenyam pendidikan sains dan teknologi berkualitas. Sehingga ITERA hadir untuk menjadi institut pilihan masyarakat dan menjadi center of excellence atau pusat unggulan di Pulau Sumatera. Saat ini ITERA memiliki 35 prodi, yang tersebar di tiga jurusan. Pada 2021 ITERA akan menambah 6 prodi, dan akan berkembang hingga menjadi 50 prodi di tahun 2025.
“Kami mengusung misi ITERA for sumatera. Prodi yang dihasilkan adalah betul-betul sesuai kebutuhan Sumatera sebagai salah satu pulau dengan potensi dan permasalahan yang besar yang membutuhkan SDM ahli yang akan diluluskan ITERA,” ungkap Rektor yang hobi bermusik ini.
Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA Dr. Eko Satria, M.Si., dalam laporannya menyampaikan kegiatan open house menjadi kesempatan ITERA melakukan sosialisasi sebagai upaya pemerataan kesempatan belajar bagi seluruh anak bangsa. Melalui sosialisasi ini diharapkan calon mahasiswa, orang tua, dan guru mendapatkan informasi lengkap, benar,dan jelas tentang sistem penerimaan mahasiswa baru. 

*ITERA for Sumatera*

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Rektor sekaligus Ketua BPAKB ITERA, Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA. Menyampaikan secara rinci tentang konsep ITERA for Sumatera yang bertujuan memandu percepatan pembangunan Sumatera, lebih maju dan meningkatkan daya saing Sumatera dengan SDM yang mumpuni. Selain itu, Prof. Deny juga menyampaikan seputar tatanan khidupan baru di ITERA di tengah pandemi Covid-19, sehingga calon mahasiswa diharapkan tidak khawatir, dan dapat tetap menuntut ilmu dengan maksimal, tentunya dengan beradaptasi dengan kenormalan baru di ITERA. 
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., menyampaikan, jalur penerimaan mahasiswa baru di ITERA yang terdiri dari jalur SNMPTN melalui nilai rapor dengan kuota 45%, SBMPTN dengan tes 45% dan jalur mandiri 10%. Jalur Mandiri terdiri dari jalur SMMPTN PTN Barat, dan jalur prestasi khusus. 
“Adik-adik dengan prestasi khusus, misal memiliki prestasi di bidang olahraga, atau olimpiade, atau penghafal Alquran dapat memanfaatkan jalur khusus ini,” ujar Prof. Mitra.
Prof. Mitra juga menjelaskan 35 program studi di ITERA, sistem pembiayaan kuliah melalui skema uang kuliah tungga (UKT) , hingga kesempatan mendapatkan beasiswa bagi para mahasiswa ITERA. 
Dalam ITERA Open House 2021, para peserta juga diberikan kesempatan bertanya secara langsung kepada para narasumber, tentang sistem penerimaan mahasiswa, hingga berbagai kegiatan penunjang perkuliahan yang langsung dijawab saat acara. []

*Media Contact*
Rudiyansyah
Humas Institut Teknologi Sumatera

M : +62 822 8119 9636
E  : humas@itera.ac.id

Artikel Terkait

Comments
0 Comments