Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Mau Investasi? Gabung Dibawah ini

Sabtu, Januari 30

Peneliti ITERA Pastikan Batu yang Diduga Meteor Jatuh di Lampung Tengah: Benar Itu Batu Meteorit

 



Peneliti ITERA Pastikan Batu yang Diduga Meteor Jatuh di Lampung Tengah: Benar Itu Batu Meteorit



Mengenai beredarnya viral batu yang diduga meteor jatuh, Tim peneliti dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA) memastikan batu asing yang menghantam rumah salah satu warga di dusun 5 Astomulyo, Kecamatan Punggur, Lampung Tengah, adalah sisa batu meteor yang sampai ke bumi atau meteorit.


Tim peneliti ITERA meilihat dari kandungan batuan yang secara langsung diteliti oleh dua peneliti ITERA yaitu Dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan, Robiatul Muztaba,S.Si.,M.Si yang juga peneliti di Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) dan Dosen Teknik Geologi, Danni Gathot Harbowo, S.Si., M.T., di lokasi penemuan, Jumat, 29 Januari 2021.


Dalam keterangannya, Robiatul Muztaba memastian batuan yang ditemukan warga itu, memang benar adanya adalah meteorit.


"benar itu sebuah batu meteorit sesuai beberapa ciri seperti batuan memiliki kandungan logam atau lebih dikenal dengan "stony-iron", serta memiliki sisi hitam di batuan akibat dari gesekan meteor dengan atmosfer."Kata dia.


Dia menjelaskan, dalam batu yang ditemukan warga tersebut, mengandung unsur logam atau stony-iron dan sudah kami uji dengan magnet.


"Ketika ditemukan pemilik rumah, batu tersebut dalam kondisi hangat, itu merupakan dampak bebatuan yang bergesekan dengan atmosfer, ada proses pembakaran di sana"Tuturnya.


Selain itu, batuan tersebut juga mengandung unsur hidrat yang memicu oksidasi dengan ditunjukkan adanya bagian batu yang berwarna kekuningan. Batu tersebut menunjukan memiliki kandungan air, tapi bukan air dari Bumi. Sehingga sangat tampak batu tersebut berkarat meski dalam waktu yang singkat. (Ian).


Artikel Terkait

Comments
0 Comments