Breaking News

Gempabumi Mengguncang Kota Bengkulu dan Sekitarnya, BMKG Sebut Tidak Berpotensi Tsunami


Gempabumi yang mengguncang Kota Bengkulu dan sekitarnya, Kamis, (7/1) sekitar pukul 00.28 WIB, BMKG sebut tidak potensi tsunami.
.
.
"Gempabumi ini tidak potensi tsunami" Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG BAMBANG SETIYO PRAYITNO, M.Si, di Jakarta, Kamis, (7/1).
.
.
Berdasarkan Hasil analisis BMKG menunjukkan, bahwa gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,44 LS dan 102,51 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 40 km arah Selatan Kota Tais, Kabupaten Seluma, Bengkulu pada kedalaman 64 km. 
.
.
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik." Tutur dia.
.
.
Dampak Gempabumi, kata dia,
Guncangan dirasakan di daerah Kota Bengkulu dan sekitarnya. Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 
.
.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah."Imbau dia. (Ian).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung