Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Mau Investasi? Gabung Dibawah ini

Selasa, November 24

UIN Raden Intan Lampung Peringati Hari Jadi ke-52 Tahun Pada Rangkaian Prosesi Wisuda Daring Periode III 2020


UIN Raden Intan Lampung peringati hari jadi ke-52 tahun pada rangkaian prosesi wisuda daring periode III 2020, Senin (23/11). Peringatan dies natalis ini diisi dengan orasi ilmiah oleh Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria SP MSi.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan, diundangnya Rektor IPB ke UIN Raden Intan Lampung karena sesuai dengan visi misi UIN yang tidak hanya mengkaji ilmu agama dan sains, tetapi juga tentang lingkungan. “Kita berharap Pak Rektor IPB dapat memberikan pencerahan dan  wawasan untuk menginspirasi serta memotivasi khususnya dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Prof Arif memamarkan materi yang diberi judul Meneguhkan Visi Lingkungan untuk SDM Unggul dan Pembangunan Berkelanjutan. Ia mengatakan bahwa utuk mengatasi masalah-masalah lingkungan yang kini ada, kita tidak bisa lagi merespon dengan satu disiplin ilmu. “Kita harus mulai hadir dengan ilmu-ilmu trans disipliner, sehingga kedepan dapat menyatu dalam merespon isu-isu lingkungan.” paparnya.

Sidang senat terbuka wisuda daring periode III 2020 dan orasi ilmiah hari jadi UIN ke-52 ini berlangsung secara terbatas di GSG UIN dan secara daring pada aplikasi Zoom. Kegiatan ini juga ditayangkan melalui kanal YouTube dan fanpage Facebook UIN Raden Intan Lampung.

Wisuda Periode III

Pada wisuda daring periode III 2020, Rektor kukuhkan sebanyak 824 wisudawan. Jumlah tersebut terbagi atas Program Doktor (S3) sebanyak 14 dan Program Magister (S2) sebanyak 46 wisudawan.

Sedangkan Program Sarjana (S1), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) berjumlah 346; Fakultas Syariah (FS) 157; Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) 50; Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 92;  serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 119 wisudawan.


Dalam sambutannya Rektor menyampaikan capaian-capaian yang telah diraih UIN selama tahun 2020 diantaranya yaitu peningkatan Guru Besar yang telah mencapai 21 orang Guru Besar, dan akan ada 17 orang lagi yang sedang berproses menjadi Guru Besar.

Selain itu, tahun ini separuh lebih program studi yang ada di UIN Raden Intan telah terakredasi A. “Hal ini adalah suatu hal yang prestisius, yang dicapai dari hasil kerja keras, upaya maksimal dan ihktiar kita semua, bukan hanya para dosen dan karyawan tapi juga para alumni yang telah diluluskan” ungkap Rektor.

“Insya Allah tahun ini UIN Raden Intan akan menambah Fakultas Baru, yaitu Fakultas Sain dan Teknologi dengan dua prodi yaitu Ilmu Biologi dan Teknik Informasi” tambahnya.

Rektor juga sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada keluarga dan orang tua/wali yang memberikan kepercayaan putra/putri atau keluarganya untuk kuliah di UIN Raden Intan Lampung. “Doa kami menyertai kalian semua. Semoga ilmunya bermanfaat untuk pribadi, keluarga, lingkungan masyarakat, dan bangsa Indonesia,” ungkap prof Mukri.

Wisudawan Terbaik

Untuk wisudawan terbaik universitas diraih atas nama Imam Nurcahyo Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) dengan IPK 3,95.

Adapun wisudawan terbaik program pascasarjana yakni Program Doktor atas nama Ahmad Fauzan Prodi Hukum Keluarga Islam dengan IPK 3,70 dan Program Magister atas nama Hanif Ghifari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan IPK 3,80.

Kemudian Program Sarjana yakni FTK atas nama Mahfud Sidiq Prodi PAI IPK 3,85; FS atas nama Imam Nurcahyo Prodi HKI dengan IPK 3,95; FUSA atas nama Dinda Putri Mahendra Prodi Psikologi Islam IPK 3,66; FDIK atas nama Muhammad Andika Perkasa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IPK 3,86; dan FEBI atas nama Ahmad Jian Sastra Ramadhan Prodi Akuntasi Syariah IPK 3,91.

Pada wisuda kali ini juga mulai ditetapkan disertasi, tesis dan skripsi terbaik. Disertasi terbaik atas nama Ahmad Fauzan Prodi HKI dengan judul Persepektif mufassirun Kontemporer tentang Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Rahmah serta Relevensinya Dalam Hukum keluarga Islam di Indonesia 9 Studi tafsir Al-azhar, AlMisbbah dan Tafsir tematik Kementerian Agama).

Tesis terbaik atas nama Hanif Ghifari Prodi PAI dengan judul Internasional Nilai-Nilai Religius melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Hizbul Wathon di SMA Muhammadiyah 2 Kota Metro.

Adapun skripsi terbaik yakni FTK atas nama Lestari dengan judul Hybrid Learning on Problem Solving Abilities in Physics Learning; A Literature Review. FS atas nama Imam Nurcahyo dengan judul Analisis Hukum Islam Terhadap Disparitas Putusan Hakim pada Perkara Perceraian Pasangan Murtad (Studi Putusan Nomor 8/Pdt.G/2011Pa.Gst dan Putusan Nomor 15/Pdt.G/2017/Pa.Kras).

FUSA atas nama Dinda Putri Mahendra dengan judul Prilaku Konsumtif Ditinjau dari Harga Diri dan Citra Merek pada Remaja. FDIK atas nama Listiana Putri dengan judul Penerapan Punishment Sebagai Upaya Pembentukan Prilaku Santri di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Natar Lampung Selatan.

Kemudian FEBI atas nama Ismu Ato’allah dengan judul Pengaruh Pemberian Beasiswa Bank Indonesia Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiawa Penerima Beasasiswa BI 2018 – 2019 di PTN Lampung).

Artikel Terkait

Comments
0 Comments