Breaking News

Semangat HUT RI ke-75, PT PLN Bangun Infrastruktur Kelistrikan di Bumi Dipasena Tulang Bawang



Semangat HUT RI ke-75, PT PLN Bangun Infrastruktur Kelistrikan di Bumi Dipasena Tulang Bawang


PT PLN (Persero) berhasil melistriki Bumi Dipasena yang terletak di Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung pada Minggu, 16 Agustus 2020. Hal ini sejalan dengan semangat kemerdekaan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia melalui akselerasi pembangunan infrastruktur kelistrikan di Dipasena.


Perjuangan ber tahun -tahun upaya melistriki Dipasena akhirnya terwujud pada 75 tahun Indonesia merdeka.


"Peringatan kemerdekaan adalah pengingat tentang komitmen membangun negeri. Kami belum sekalipun berhenti menyusuri rimba dan tebing untuk menerangi Indonesia. Merdeka adalah terang!", menurut Wiluyo Kusdwiharto selaku Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan disela-sela peringatan HUT RI ke 75 ini.


Pada 15 Agustus 2020 telah dioperasikannya SUTT 150 kV Mesuji - Dipasena, sebanyak 211 Tower 73.6 Kms dan Gardu Induk 150 kV Dipasena Kapasitas 60 MVA. Yang melewati 2 Kabupaten, Yaitu Kabupaten Mesuji dan KabupatenTulang  Bawang. Dengan demikian, Gardu Induk Dipasena menjadi sumber tegangan listrik pada Jaringan Tegangan Menengah 20KV sepanjang 135kms, Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 738 kms, Gardu Distribusi sebanyak 134 Gardu beserta 15.757 buah tiang yang akan dimanfaatkan energi listriknya oleh 5774 calon pelanggan di Bumi Dipasena. Ini adalah buah sinergitas antara PLN UID Lampung dan PLN UIP Sumbagsel.


“Pembangunan infrastruktur kelistrikan di Dipasena berhasil dilakukan selama 10 bulan saja, dan hari ini sudah beroperasi”, ujar Badruz Zaman selaku Manager PLN UPPK Provinsi Lampung


Dengan luas wilayah 17.665 Ha dan luas tambak udang 3.761 Ha, Dipasena memiliki potensi kuat sebagai pusat pembudidaya udang terbesar di Asia Tenggara. Tercatat bahwa Pada Tahun 1995 / 1996 Bumi Dipasena pernah berhasil memproduksi udang sebanyak 68,5 ton per hari. Namun, dengan keterbatasan kondisi kelistrikan di wilayah tersebut, sehingga terjadi penurunan produksi menjadi 30-40 ton per hari.  


“Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Indonesia, Kami harap ini bisa menjadi kado istimewa untuk Dipasena dan dapat membantu peningkatan produktivitas serta perekonomian masyarakat disana”, ujar Pandapotan Manurung Selaku General Manager PT. PLN Distribusi Lampung.


Semoga percepatan pembangunan ini dapat mendukung Bumi Dipasena untuk menjadi Lumbung Udang terbesar di Asia Tenggara dan memberikan dampak positif yang signifikan untuk masyarakat Provinsi Lampung khususnya.


Selanjutnya, Untuk kemudahan informasi dan layanan silakan menghubungi Contact Center di telepon (0721) 123, website www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123. Informasi jadwal pemeliharaan jaringan dapat dilihat di Facebook PLN Distribusi Lampung dan Instagram @plndislampung. (*)




0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung