Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Kamis, Mei 21

Video Amatir Puting Beliung Viral di Medsos Sebut Tulang Bawang Itu HOAKS!



Video Amatir Puting Beliung Viral di Medsos Sebut Tulang Bawang Itu HOAKS! 


Belakangan ini beredar video amatir detik-detik yang kabarnya angin puting beliung terjadi di Tulang Bawang. Video tersebut kian viral di medsos, namun faktanya itu bukanlah terjadi di Tulang Bawang namun di Pemalang, Jawa Tengah.

Alhamdulillahh, berkat bantuan netizen infokyai berhasil himpun sejumlah data yang valid mengenai video yang tengah viral di kalangan netizen di Lampung.

Kejadian Angin Puting Beliung di Tulang Bawang memang benar terjadi pada hari Rabu, (20/5) sore, namun untuk video amatir yang tengah viral di Medsos (slide video kedua) itu bukan di Lampung.

Berdasarkan berita-berita sebelumnya, menyebutkan bahwa video puting beliung tersebut di Pemalang, Jawa Tengah yang terjadi pada akhir 2017 dan bukan pada Mei 2020 ini.

Dalam video, terlihat puting beliung di langit dan angin kencang menggerakkan pohon-pohon. Terdengar dalam video suara "Allahu Akbar Allahu Akbar".

Bisa anda amati di slide 2 video yang viral di kalangan netizen di Lampung. Slide 3, 4, 5 dan seterusnya video berita peristiwa di Pemalang Jawa Tengah.

Mengutip detik.com ternyata video puting beliung ini juga pernah viral kembali pada tahun 2018. Hal itu pun diklarifikasi oleh Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberi penjelasan soal video puting beliung di Pemalang yang jadi viral lagi itu. Peristiwa itu benar terjadi, tapi kejadiannya berlangsung pada Minggu (31/12/2017).

"Selalu saja hoax disebarkan. Video ini memang terjadi di Pemalang pada 31/12/2017," kata Sutopo lewat Twitter, Jumat (19/10/2018).

"Video ini disebarkan lagi di medsos yang mengatakan bawa sedang terjadi puting beliung di Pemalang, Pandeglang, atau daerah lain dengan fenomena seperti ini," sambungnya.

Sutopo meminta video itu tidak disebarkan lagi. "Abaikan. Jangan disebarkan di medsos," tutupnya. (Red).

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments