Breaking News

Gempa Tektoknik M5,3 Guncang Lampung Bikin Geger Masyarakat, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami




Gempa Tektoknik M5,3 Guncang Lampung Bikin Geger Masyarakat, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami



GEMPABUMI TEKTONIK M5,3 DI SELAT SUNDA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI  
Kejadian dan Parameter Gempabumi:
Hari Minggu, 03 Mei 2020 pukul 14.06.46 WIB wilayah Selat Sunda diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo  M=5,3 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi M=5,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6.37 LS dan 104.63 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 99 km arah Selatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung pada kedalaman 62 km.


Jenis dan Mekanisme Gempabumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktifitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme sesar naik ( _thrust fault_ ). 


Dampak Gempabumi:
Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kotaagung dan Punduk Pidada III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ), Panimbang, Binuangeun, Malingping II-III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ), Bandar Lampung, Munjul, Cijaku, Natar II MMI (dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), Liwa I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Gempabumi Susulan:
Hingga hari Minggu, 03 Mei 2020 pukul 15.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Rekomendasi:
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.
Jakarta, 03 Mei 2020
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG 
RAHMAT TRIYONO, ST.,Dipl. Seis., M.Sc.l


0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung