Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Selasa, Maret 24

Rapat Online, Mendikbud dan DPR Sepakat Ujian Nasional Dihapus




Rapat Online, Mendikbud dan DPR Sepakat Ujian Nasional Dihapus





Kabar gembira buat dunia pendidikan, apalagi untuk kalangan pelajar, kabar ini merupakan kabar yang paling ditunggu-tunggu pastinya. Berdasarkan rapat online melalui video conference, Senin (23/3) malam, antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Komisi X DPR RI.

Rapat bersama tersebut membahas berbagai persoalan pendidikan di ujung masa akhir tahun pelajaran, apalagi saat ini juga di tengah ancaman wabah virus Corona atau Covid-19.

Salah satu hasil dari rapat online ini adalah Kemendikbud dan Komisi X DPR sepakat untuk meniadakan Ujian Nasional (UN) pada tahun ini, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

"DARING MEETING: barusan selesai Rapat Daring dengan Mendikbud dan Jajaran; salah satu yang kita sepakati; Ujian Nasional (UN) SD, SMP dan SMA Ditiadakan," tulis Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda lewat akun Twitter-nya @syaifulhooda

Sebelumnya, Syaiful Huda memang mendesak pemerintah untuk menghapus pelaksanaan UN di tahun ini. Langkah ini dimaksudkan untuk melindungi peserta didik didasarkan atas penyebaran Virus Corona yang makin meluas di Indonesia.

"Kami mendesak agar pemerintah menghapus pelaksanaan UN tahun ini karena wabah Corona yang kian meluas. Ada ratusan ribu hingga jutaan siswa yang terancam terpapar virus ini jika kita memaksakan agar pelaksanaan UN tetap dilakukan,"Kata  Huda. 

Lanjutnya, sesuai jadwal, seharusnya UN SMA/MA akan dilaksankan pekan depan tanggal 30 Maret-2 April 2020 dan untuk SMP/Mts mulai tanggal 20 April-23 April.

Diperkirakan pada hari-hari tersebut persebaran Corona di Tanah Air akan masih tinggi, sehingga ada risiko tinggi jika peserta didik di dipaksakan untuk mengikuti UN.

Tambahnya, saat ini Kemendikbud tengah mengkaji opsi pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) penganti UN.

Nantinya, pelaksanaan USBN diserahkan kepada sekolah, sesuai dengan kondisi dan perkembangan penanganan corona  (*)

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments