Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Sabtu, Maret 28

Jika Wabah Corona Berlanjut Hingga Ramadhan, Muhammadiyah: Tarawih Berjamaah dan Sholat Ied Ditiadakan




Jika Wabah Corona Berlanjut Hingga Ramadhan, Muhammadiyah: Tarawih Berjamaah dan Sholat Ied Ditiadakan




Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, sedih jika membayangkan kondisi dengan adanya wabah Corona saat ini. Dari hal ini, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat dalam mengantisipasi berbagai kondisi ke depan

Dalam isi surat maklumat bernomor 02/MLM/I.0/H/2020 tentang wabah Covid-19 dan surat bernomor 03/I.0/B/2020 tentang penyelenggaraan salat Jumat dan fardu berjemaah saat Covid-19 melanda. 

Dengan mempertimbangkan dalil-dalil Al Qur'an dan hadis yang dipahami sesuai dengan manhaj tarjih serta data-data ilmiah yang mengacu kondisi saat ini.

Jika Wabah corona berlanjut hingga Ramadhan, Muhammadiyah menyebutkan beberapa poin yakni sebagai berikut:

A.Shalat tarawih dilakukan di rumah masing-masing. Takmir tidak perlu mengadakan salat berjemaah di masjid, musala, dan sejenisnya, termasuk tidak perlu melakukan rangkaian kegiatan Ramadan lainnya seperti ceramah-ceramah, tadarus berjemaah, hingga iktikaf.

B.Puasa Ramadan tetap dilakukan kecuali bagi orang yang sakit dan yang kondisi kekebalan tubuhnya lemah. Orang tersebut wajib menggantinya sesuai dengan tuntunan syariat.

C.Untuk menjaga kekebalan tubuh, puasa Ramadan dapat ditinggalkan oleh tenaga kesehatan yang sedang bertugas. Tenaga kesehatan dapat menggantinya sesuai dengan tuntunan syariat.

D.Shalat Idul fitri adalah sunah muakadah dan merupakan syiar agama yang amat penting. Namun, apabila wabah Covid-19 belum mereda, salat Idulfitri dan seluruh rangkaiannya (mudik, pawai takbir, halalbihalal, dan lain sebagainya) tidak perlu diselenggarakan.

Namun, apabila kondisi mengenai wabah Corona telah mereda, maka Shalat Ied dan rangkaian kegiatan lainnya dapat dilaksanakan dengan tetap perhatikan petunjuk dan ketentuan pihak yang berwenang.

Adapun kumandang takbir Idul Fitri dapat dilakukan di rumah masing-masing selama darurat Covid-19 (*)

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments