Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Sabtu, Maret 14

Dekranasda Tanggamus Ikuti Lampung Craft 2020



Dekranasda Tanggamus Ikuti Lampung Craft 2020


Tanggamus - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanggamus ikut serta dalam gelaran Lampung Craft 2020, yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Lampung di Graha Wangsa, Teluk Betung, Sabtu, (14/03/2020).

Lampung Craft 2020 tersebut diikuti oleh diikuti oleh Dekranasda 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, serta pengrajin dari mitra binaan BUMN dan swasta di Provinsi Lampung.

Acara yang dibuka oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi ini, dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Lampung, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Ny. Riana Sari Arinal, para Bupati dan Walikota se-Provinsi Lampung, Pimpinan BUMN dan Swasta di Provinsi Lampung serta para Kepala OPD Pemprov dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal dalam laporannya mengatakan, Lampung Craft 2020 diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 14-15 Maret 2020 mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Dengan mengangkat tema kain Celugam dari Lampung Barat sebagai ikonnya.

Event Lampung Craft ini, lanjut Riana, menjadi salah satu wahana terbesar untuk pertemuan bagi seluruh pengrajin yang ada di Lampung.

Selain itu, gelaran Lampung Craft 2020 dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Lampung yang ke 54 tahun, yang jatuh pada 18 Maret dan HUT Dekranasda Lampung yang ke-40.

"Pameran yang pertama kalinya digelar ini, akan menjadi ajang promosi produk kreatif dan inovatif dari pengrajin di Lampung," ungkapnya.

Tahun ini, lanjutnya, "ikonnya adalah Kabupaten Lampung Barat, dengan kekayaan dan keragaman khasanah budaya Lampung yang mewarnai Lampung Craft," terang Riana.
Loading...
Beliau menambahkan, tujuan diselenggarakannya Lampung Craft 2020, adalah untuk mempromosikan produk-produk pengrajin Lampung, memotivasi pengrajin Lampung, membuka peluang bagi pengrajin untuk dapat melakukan transaksi dagang secara langsung, serta mendorong masyarakat agar bangga menggunakan produk kerajinan asli Lampung.

Adapun beberapa kegiatan yang akan turut memeriahkan Lampung Craft 2020 yakni, pameran kerajinan, demo kerajinan, talkshow, fasion show, dan lomba kerajinan terbaik.

"Tahun ini kita mengangkat tema Lampung Barat dan Lampung Craft ini akan diselenggarakan setiap tahun. Untuk tahun depan yang akan menjadi tuan rumahnya, adalah Kabupaten Tanggamus," tandas Riana.

Sementara Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, dalam sambutannya berharap agar Lampung Craft dapat menopang kemajuan bidang ekonomi kreatif dan mengembangkan warisan budaya Lampung.

Selain itu dapat mengedukasi masyarakat, dimana sebagian besar pelaku industri merupakan industri skala kecil.

"Pengembangan SDM bagi pelaku usaha juga perlu dilakukan karena SDM merupakan faktor penting dalam pengembangan usaha. Pengembangan SDM tersebut dapat dilakukan dengan pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis, serta pendampingan yang nantinya akan bermitra dengan BUMN dan swasta sebagai CSR-nya," kata Arinal.

Terpisah, Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M, didampingi Ketua Dekranasda, Nur'aini Hamid Lubis, dan Ketua TP PKK, Hj. Sri Nilawati, menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi pengrajin yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Beliau menyatakan keyakinannya bahwa produk kerajinan Tanggamus akan menarik minat pengunjung dan mendapatkan hasil penjualan yang baik, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan pengrajin dan memajukan industri kerajinan di Kabupaten Tanggamus.

"Pemkab Tanggamus juga, tentunya akan selalu mendukung tumbuh dan berkembangnya kerajinan di Kabupaten Tanggamus," pungkas Bupati yang juga pembina Dekranasda Kabupaten Tanggamus ini.

Dalam ajang ini, Stan Dekranasda Kabupaten Tanggamus menampilkan beragam produk kerajinan, seperti kain tapis, aneka motif belah ketupat, kain tenun dan batik khas Tanggamus, beragam kopiah khas Lampung,  juga ada tas kayu yang dibuat dari limbah kayu.
(ROBI/KN/RED).

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments