Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Minggu, Januari 19

Sosialisasi Mahasiswa KKN ITERA Terkait Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)



Sosialisasi Mahasiswa KKN ITERA Terkait Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)




Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Desa Kunjir, Way Lubuk, Rajabasa, Lampung Selatan sosialisasi pemanfaatan energi berupa Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). 

Sosialisasi ini dilakukan sebagai pemanfaatan energi angin pada daerah pesisir pantai. Prototype PLTB ini dibuat dalam dua jenis turbin, dengan tipe Turbin Angin Sumbu Vertikal (TASV) dan Turbin Angin Sumbu Horizontal (TASH). Pembuatan prototype PLTB ini menggunakan pipa PVC, triplek, dan kayu. Nantinya energi listrik yang dihasilkan oleh turbin akan disimpan pada  baterai. PLTB ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif energi listrik.

Kegiatan sosialiasi tersebut diadakan di SMAN 1 Rajabasa, Desa Kunjir, Senin (13/1) lalu. Dalam kegiatan tersebut juga diadakan sosialisasi tentang Literasi Pemanfaatan Energi Listrik dengan baik dan benar, serta penjelasan mengenai Penghematan Energi.

Koordinator KKN Desa Kunjir, Ferdian Hidayatullah menjelaskan kegiatan tersebut diadakan sebagai upaya untuk memanfaatkan energi alam berupa angin, untuk menghasilkan energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk distribusi dan instalasi listrik. Dengan harapan kebutuhan pemakaian energi listrik, dapat terpenuhi. Terutama di daerah terpencil. 

“Pemakaian energi listrik di negeri ini seringkali mengalami kekurangan pasokan, sehingga pembuatan PLTB ini dapat menjadi salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan energi di negeri ini”. Ujar Ferdian ceritanya kepada infokyai, Sabtu (19/1).

Selain mengenalkan PLTB dan Hemat Energi, mahasiswa KKN ITERA juga mengenalkan Hand Hyegene kepada anak-anak Sekolah Dasar di desa tersebut, sebagai upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengajarkan kepada anak-anak akan pentingnya cuci tangan dengan benar. Selain itu Mahasiswa KKN ITERA juga menyosialisasikan penggunaan internet dan pengenalan gempa tektonik dan vulkanik menggunakan simulasi gunung api kepada anak-anak SMPN 1 Rajabasa. (Red)

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments