Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Senin, Januari 20

Mengabdi Kepada Masyarakat, Mahasiswa KKN ITERA Bantu Nelayan Mencari Ikan di Laut



Mengabdi Kepada Masyarakat, Mahasiswa KKN ITERA Bantu Nelayan Mencari Ikan di Laut





Banyak pengalaman berharga yang didapatkan Mahasiswa KKN Institut Teknologi Sumatera ketika melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Pagar Dalam, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat.

Bukan hanya menjalankan program-program kerja yang bersifat pembelajaran dan ilmu pengetahuan saja, melainkan mahasiswa di sini diharuskan dapat berperan aktif dan kreatif sehingga dapat terlibat dalam kegiatan yang terjadi di masyarakat.

Mayoritas profesi warga Pekon Pagar Dalam adalah nelayan. Pada Rabu (15/1), Mahasiswa KKN di Pekon Pagar Dalam diajarkan caranya mencari ikan oleh warga Pekon Pagar Dalam menggunakan alat pukat tarik. 

Hal ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami penggunaan pukat tarik yang ramah lingkungan tanpa harus merusak ekosistem laut dalam mencari ikan. 

"Hasil laut yang didapatkan menjadi komoditas terbesar bagi warga Pekon Pagar Dalam untuk menunjang perekonomian mereka yang berdampak pada peningkatan perekonomian Pekon Pagar Dalam sendiri."Ujar Rafiqh perdana latif selaku mahasiswa KKN ITERA ceritanya kepada infokyai, Senin (20/1).

Lanjutnya, Dari tradisi gotong-royong menarik pukat, selain menambah pengetahuan tentang cara menggunakan pukat untuk menangkap ikan, juga timbul kedekatan antar warga dan juga mahasiswa yang turut andil dalam kegiatan tersebut. 

"Pekon Pagar Dalam memiliki potensi ikan segar yang sangat baik untuk dikembangkan nantinya bisa meningkatkan perekonomian."Ujarnya.

Masyarakat juga berharap keberadaan Mahasiswa KKN di Pekon Pagar Dalam tidak hanya untuk menyelesaikan program-program kerja KKN saja, tetapi dapat berperan aktif dalam kemajuan dan pengembangan Pekon Pagar Dalam. Mahasiswa juga diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator, inovator, dan fasilitator bagi masyarakat. (Red)

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments