Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Senin, Januari 27

Mahasiswa KKN ITERA Membuatkan Hidroponik Berbasis Arduino UNO Untuk Desa Durian Kabupaten Pesawaran





Mahasiswa KKN ITERA Membuatkan Hidroponik Berbasis Arduino UNO Untuk Desa Durian Kabupaten Pesawaran



Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang sedang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran tepatnya di Desa Durian, membuatkan hidroponik yang dikontrol dengan arduino UNO di Desa Durian, Kamis (23/01/2020).

Mahasiswa KKN ITERA yang berjumlah 8 orang, diantaranya 4 laki-laki dan 4 perempuan dari berbagai jurusan dan program studi ini melakukan pengabdian di Desa Durian selama 35 hari. Tema yang diangkat pada KKN t
adalah “ ITERA bersama Masyarakat Mewujudkan Desa yang Berkelanjutan “, dan pembuatan hidroponik ini merupakan salah satu program yang dapat mendukung tujuan utama dari tema yang diusung dalam program KKN PPM ITERA 2020.
Pembuatan hidroponik berbasis arduino UNO ini ditujukan untuk organisasi PKK ( Pemberdayaan, Kesejahteraan, Keluarga ) yang ada di Desa Durian. 

Pembuatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan serta mengenalkan teknologi sederhana  yang dapat diterapkan di hidroponik. Hidroponik sendiri merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air dengan tidak menggunakan media berupa tanah, diharapkan dengan adanya pembuatan ini dapat menghemat penggunaan daya listrik dibandingkan dengan sistem hidroponik biasa dan lebih efektif.

Ibu Siti selaku ketua PKK di Desa Durian, mengapresiasi ide dan gagasan mengenai pembuatan hidroponik ini yang diusulkan oleh mahasiswa KKN ITERA karena pembuatan hidroponik tersebut mendukung salah satu program kerja organisasi PKK yaitu belajar menanam dengan hidroponik dan untuk persiapan lomba Desa .

Ide yang diberikan oleh mahasiswa KKN ITERA adalah otomatis pompa, terdapat peringatan SMS (Short Message Service) ketika air sudah hampir habis, display suhu , dan display kelembapan, dengan adanya ide ini diharapkan masyarakat dapat terbantu khususnya organisasi PKK dalam membudidayakan tanaman dengan system hidroponik.

Kegiatan pengenalan hidroponik diawali dengan sambutan oleh ketua koordinator (Fuat Nur Prasetya Dilla), pemaparan hasil program kerja oleh ketua kelompok KKN PPM ITERA di Desa Durian (Lutfi Arazi), kemudian, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian modul hidroponik kepada ketua organsisai PKK ( Ibu Siti) serta pemaparan penjelasan materi mengenai PH (Power Of Hydrogen) yang baik untuk tanaman yang ditanam dengan hidroponik. Warga di Desa Durian khususnya Ibu-ibu PKK terlihat sangat antusias mengenal bagaiman cara menanam hidroponik yang baik. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama antara mahasiswa KKN PPM ITERA dengan Ibu-ibu PKK. (*)

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments