Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Jumat, Desember 27

Ini Penampakan Gerhana Matahari Cincin di ITERA



Ini Penampakan Gerhana Matahari Cincin di ITERA




Fenomena Gerhana Matahari Cincin yang terpantau dari kawasan kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera). Kamis (26/12) ramai masyarakat yang datang untuk melihat.

Tim UPT Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) yakni Dosen Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung Robiatul Muztofa mengatakan sebelum dimulainya pengamatan ada kuliah umum terkait gerhana matahari yang digelar di Itera.

"Kita tadi mulai dari jam 7 sampai nanti jam 3 sore, jam 9 sampai 10 pagi tadi kita awali dengan kuliah umum terkait dengan gerhana matahari"Kata Robiatul atau kerap disapa Aji.

Setelah kuliah umum selesai, kemudian dilanjutkan dengan observasi pengamatan gerhana matahari cincin di kawasan Itera.

"Kemudian jam 10 sampai jam 3 sore nanti itu kita lakukan observasi pengamatan gerhana ini"Ujarnya.

Aji menjelaskan, proses gerhana ini, akan mengalami proses puncak pada siang hari ini.

"Jadi Gerhana Matahari cicin sebagai ini kontak awal sekitar jam 10.37 lalu untuk puncak gerhananya jam 12.30 dan akan berakhir jam 14.20 WIB"Tuturnya.

Saat ditanya infokyai Berapa tahun sekali terjadi gerhana matahari cincin. Aji menyebutkan prosesnya bisa berpuluh tahun.

"Kalau Gerhana Matahari cicin yang full, ditempat lokasi yang sama kita bisa mengikuti siklus series, 1 tahap siklus series itu 18 tahun, jadi untuk terjadi gerhana matahari cicin full di tempat yang sama itu kita melalui 3 tahap siklus series, jadi sekitar 54 tahun sekali bisa terjadi gerhana matahari cincin full di tempat yang sama."Jelas Aji. (Tm)

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments