Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech Terbaru KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Rabu, Oktober 30

Uang Tak Laku, Warga Venezuela Beli Bensin Pakai Rokok



Uang Tak Laku, Warga Venezuela Beli Bensin Pakai Rokok

Wow, Warga Venezuela mulai menggunakan rokok dan barter barang lain untuk membeli bensin karena mata uang semakin tidak bernilai akibat hiperinflasi.
.
.
Melansir tempo.co, Pengendara di Venezuela telah lama menikmati bensin termurah di dunia, dengan bahan bakar yang sangat disubsidi. Tetapi ekonomi berantakan sehingga pengemudi sekarang membayar untuk mengisi dengan sedikit makanan, permen atau hanya sebatang rokok.
.
.
Barter mulai dilakukan di pom bensin karena hiperinflasi membuat mata uang kertas Venezuela, bolivar, sulit ditemukan dan membuat beberapa denominasi sama sekali tidak berharga, sehingga tidak ada yang akan menerimanya.
.
.
Tanpa uang tunai di dompet mereka, pengemudi seringkali menyerahkan sekantong beras, minyak goreng, atau apa pun yang diterima petugas pom bensin, menurut laporan New York Times, 28 Oktober 2019.
.
.
"Anda bisa membayar dengan rokok," kata Orlando Molina, ketika mengisi bensin. "Bukan rahasia bagi siapa pun bahwa itu (mata uang Bolivar) tidak ada artinya."
.
.
Bensin sangat murah sekali sehingga petugas stasiun tidak tahu harganya. Pengemudi-pengangkut tangan kosong dilambaikan tangan, tidak membayar apa-apa.
.
.
Sistem barter ini, walaupun mungkin membuat iri pengemudi yang kekurangan uang di luar negeri, hanyalah gejala lain dari kekacauan di Venezuela.
.
.
Negara Amerika Selatan yang berpenduduk sekitar 30 juta jiwa ini dicengkeram oleh krisis ekonomi dan politik yang semakin dalam.
.
.
Lebih dari 4 juta warga Venezuela telah melarikan diri dari negara itu dalam beberapa tahun terakhir, untuk meloloskan diri dari upah rendah, rumah sakit yang rusak, layanan dasar yang terbengkalai dan kurangnya keamanan.
.
.
IMF mengatakan inflasi diperkirakan akan mencapai 200.000 persen tahun ini. Venezuela menghilangkan lima nol dari mata uangnya tahun lalu dalam upaya sia-sia untuk mengimbangi inflasi. Melonjaknya harga dengan cepat melahap denominasi baru.
.
.
Pecahan mata uang terkecil yang beredar, 50 bolivar, bernilai sekitar seperempat dolar AS. Bus kota dan bahkan bank tidak menerimanya, dengan alasan akan membutuhkan begitu banyak pecahan uang untuk membayar bahkan barang-barang paling sederhana yang tidak akan sepadan dengan nilainya. Pecahan terbesar, 50.000 bolivar, sama dengan US$ 2,50 atau Rp 35 ribu.
.
Venezuela, yang memiliki cadangan minyak terbesar dunia, pernah kaya. Tetapi kehancuran ekonomi membuatnya miskin, yang disebut oleh para kritikus akibat dua dekade korupsi dan salah urus di bawah pemerintahan sosialis.
.
Cengkeraman Presiden Nicolas Madu ditantang politisi oposisi Juan Guaido, yang mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan lebih dari 50 negara lain yang menentang pemilihan kembali Maduro pada 2018 dan menyebut pemilu Venezuela curang. (*)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments