Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech Terbaru KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Senin, Oktober 28

Tanam 600 Bibit Mangrove, PMII Pertanian Gandeng Dinas Lingkungan Hidup



Tanam 600 Bibit Mangrove, PMII Pertanian Gandeng Dinas Lingkungan Hidup 


LAMPUNG - Dalam rangka mengimplementasikan habluminal alam yang menjadi salah satu Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), puluhan anggota dan kader PMII Rayon Pertanian berserta delegasi dari rayon Fmipa, Fisip, Hukum Universitas Lampung, serta beberapa delegasi Komisariat UIN Raden Intan dan STKIP Bandar Lampung gelar penanaman pohon mangrove, dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Prov Lampung diwakili Murni Rizal selaku sekertaris dinas Lingkungan Hidup Prov. Lampung yang juga merupakan alumni PMII Universitas Lampung, melakukan aksi penanaman mangrove sebanyak 600 bibit mangrove di pesisir pantai desa batu menyan kabupaten pesawaran. Sabtu - Minggu (26-27/10)

Tema dari aksi ini adalah "mengembalikan budaya mahasiswa yang teoritis, aktif dan praktis". Menurut Dicky Rachmansyah selaku ketua komunitas mahasiswa cinta lingkungan yang juga kader PMII Rayon Pertanian, aksi ini dipicu oleh rasa kekhawatiran mahasiswa pertanian dengan keadaan pesisir pantai di Lampung. Tujuan dilaksanakan aksi ini untuk membentuk budaya mahasiswa agar lebih memperhatikan lingkungan dan aktif sebagai penggiat lingkungan.

Sementara itu, Murni Rizal, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, menghimbau agar kegiatan seperti ini menjadi program rutin. Dimana tidak hanya menanam saja, melainkan melakukan monitoring terhadap bibit yg telah ditanam atau pun kegiatan lain yang kaitan nya dengan melestarikan lingkungan.

"manfaat mangrove (bakau) sendiri sangat banyak untuk kita, sebagai pencegah intrusi air laut, erosi dan abrasi pantai, sebagai tempat hidup & sumber makanan bagi beberapa jenis satwa dan berperan penting dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir." ungkap Murni.

"Saya sangat berharap banyak kepada sahabat-sahabat mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan pesisir di lampung khususnya dalam pengelolaan mangrove secara terpadu untuk menjaga kelestarian di masa mendatang. Sebab setiap tahun, 52 ribu hektar mangrove indonesia hilang dari total hutan mangrove seluas 3,1 juta hektar atau 22,6 % dari mangrove di dunia" tambahnya.

Selain itu, Ketua PMII Rayon Pertanian, Arief Rahman Hakim, Ungkapkan kegiatan ini memang agenda rutinitas PMII Rayon Pertanian Universitas Lampung

"Salah satu agenda kaderisasi kita (rayon pertanian), pastinya ada follow up kembali untuk menindaklanjuti setiap kegiatan" tutup Arief. (ZFr/ian)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments