Breaking News

Tingkatkan Profesionalisme Penanganan SAR Kelas Dunia, TNI AL dan Russian Navy Laksanakan Latma Di Yogyakarta.


Tingkatkan Profesionalisme Penanganan SAR Kelas Dunia, TNI AL dan Russian Navy Laksanakan Latma Di Yogyakarta.

Yogyakarta. Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme bidang penanganan Search And Rescue (SAR) jajaran TNI AL, Staf Operasi TNI Angkatan Laut (Sopsal) Mabes TNI Angkatan Laut menyelenggarakan Latihan Bersama (Latma) dengan Russian Navy selama 3 hari dari tanggal 19-21 Juni 2019 bertempat di Hotel Jambu Luwuk Jl. Gajah Mada 67 Pakualaman Yogyakarta (21/06/19).

Latma kali ini dengan tajuk _Subjek Matter Expert Exchange Search And Rescue (SMEE SAR)_ diikuti oleh delegasi TNI Angkatan Laut yang terdiri dari perwakilan jajaran TNI Angkatan Laut sebanyak 33 personel, selaku Ketua Delegasi oleh Paban V Straops Sopsal Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta, adapun delegasi dari Russian Navy sebanyak 3 personel dengan Ketua Delegasi oleh Captain (Navy) Damir Shaikhutdinov serta didampingi pejabat Atase Pertahanan (Athan) Russian Navy Captain (Navy) Sergey Zhevnovaty.

Rangkaian Latma SMEE SAR dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme penanganan SAR tingkat dunia serta mempererat hubungan kerja sama antara TNI Angkatan Laut dan Russian Navy terdiri dari beberapa sesi kegiatan, baik yang bersifat formal maupun non formal. Antara lain ice breaking, paparan dan diskusi materi SAR masing-masing angkatan, foto bersama, bertukar cinderamata dan kunjungan wisata oleh peserta delegasi Russian Navy di candi Borobudur, candi Ratu Boko dan menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana di candi Prambanan.

Hal pokok yang disampaikan dalam paparan dan diskusi Latma SMEE SAR oleh masing masing delegasi antara lain, dasar hukum dan ketentuan pelaksanaan kegiatan SAR, kegiatan dan tukar pengalaman penanganan SAR, pengenalan prosedur dan organisasi SAR serta perencanaan terkait langkah-langkah kerjasama latihan SAR oleh kedua Angkatan Laut. 

Delegasi TNI Angkatan Laut dalam forum Latma SMEE SAR menyampaikan harapan untuk kedepannya dapat terlaksananya Latma dalam bentuk praktek penanganan SAR di lapangan dan dari delegasi Russian Navy akan menindaklanjuti serta akan dibahas dalam forum selanjutnya.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro menyampaikan bahwa, "sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Lanal Yogyakarta salah satunya adalah melaksanakan dukungan bidang operasi dan latihan TNI Angkatan Laut di wilayah Yogyakarta, sehingga rangkaian kegiatan Latma SMEE SAR dapat terlaksana dengan baik dan aman. Secara aktif jajaran Lanal Yogyakarta mendukung dan ikut serta, baik sebagai perwakilan dalam delegasi TNI Angkatan Laut. 

Dan Lanal juga menyampaikan terima kasih kepada, Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar Stud dan seluruh anggota Lanal Yogyakarta. Atas dukungan terkait kegiatan protokoler, pelayanan kesehatan peserta Latma, pengamanan tertutup dan pengamanan terbuka, sehingga kegiatan dan material dapat terlaksana dengan baik. (NSR/bang natsir).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung