Breaking News

Sore Ini, Pantau Hilal Ramadhan di ITERA


Sore Ini, Pantau Hilal Ramadhan di ITERA

Hilal adalah kenampakan hilal muda setelah terjadi konjungsi setelah matahari tenggelam. Pengamatan hilal dilakukan setiap tanggal 29 bulan Hijriah. Jika setelah dihitung / diamati terlihat hilal, maka besoknya adalah tanggal 1 bulan baru. Jika belum, maka satu bulan di genapkan menjadi 30 hari.
.
.
Sedangkan, Rukyatul hilal adalah aktivitas untuk mengamati/ menyaksikan hilal. Namun, jika Hisab dalam bahasa arab berarti perhitungan. Hisab adalah perhitungan matematik astronomi untuk posisi matahari dan bulan terhadap bumi. Hisab digunakan dapat di guna kan untuk menghitung visibilitas hilal.
.
.
Dalam pengamatan hilal dalam menetapkan awal Ramadhan 1440 H atau 2019 M di embung kampus ITERA dengan menggunakan teleskop yang langsung terkoneksi ke komputer, hal itu disampaikan oleh Unit Pelaksana Teknis
Observatorium Astronomi ITERA Lampung Aditya Abdilah Yusuf.
.
.
"Itu teleskop yang bisa langsung nyambung ke komputer, Meade Instuments LX90 ACF"Kata Aditya Abdilah Yusuf kepada infokyai, Minggu (5/5) sore.
.
.
Sejauh ini, masih terus dilakukan pengamatan hilal Ramadhan, walaupun kendala kondisi cuaca. (Tio/red)
.
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
#infokyai #jakarta #palembang #bandung #lampung #bandarlampung #bekasi #bogor #bandung #malang #jogja #samarinda #aceh #medan #manado #palu #maluku #papua #bali #ramadhan #bulanramadhan #puasa #hilal

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung