Breaking News

Dubes Sjahroedin dan Ridho Ficardo Kompak Promosikan Lampung di Kroasia


Dubes Sjahroedin dan Ridho Ficardo Kompak Promosikan Lampung di Kroasia
Konkritnews.com - Dubes Sjahroedin dan Gubernur Ridho Ficardo Kompak Promosikan Lampung di Kroasia, Jumat, 15/03/2019 waktu Zagreb, Kunjungan kerja Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo didampingi Ibu Yustin Ridho Ficardo ke Kedubes RI Kroasia diterima langsung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Kroasia YM Komjend. Pol. (Purn.) Sjahroedin ZP di Kedutaan Besar RI, Zagreb.
Pada kesempatan tersebut dalam suasana penuh hangat kekeluargaan dan nostalgia, Dubes Sjahroedin didampingi Ibu Truly Sjahroedin ZP serta sejumlah pejabat KBRI menjelaskan banyak hal tentang Kroasia. Termasuk tentang kegiatan beliau selaku Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kroasia.

Selain menjelaskan tentang tugas pokok KBRI di Kroasia, Dubes Sjahroedin menyampaikan soal kerjasama pendidikan, budaya, dan pariwisata yang sudah dan akan terjalin antara RI dan Kroasia. Khusus Pendidikan, perguruan-perguruan tinggi Kroasia juga telah menjalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi di Pulau Jawa. Perkembangan terbaru University of Zagreb juga telah menjalin kerjasama dengan Universitas Lampung. Dubes Sjahroedin berharap Lampung melalui pemerintah provinsinya juga terus meningkatkan kerjasama sektor pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata tersebut.

Tiga tahun belakangan ini, Kedutaan Besar RI di Kroasia pada masa kepemimpinan YM Dubes Sjahroedin memiliki corak warna yang berbeda, dengan memberikan nuansa Adat dan Budaya Lampung. Misalnya, pakaian staf kedutaan yang diarahkan untuk menggunakan batik Lampung. Berbagai event yang melibatkan Kedutaan beserta stafnya ditampilkan dengan menonjolkan ciri khas Provinsi Lampung sebagai bagian dari Keragaman Adat dan Budaya Bangsa Indonesia.

Dalam penuturannya, Dubes Sjahroedin menyampaikan bahwa penduduk Kroasia hanya 5jt jiwa, tapi kunjungan turisnya mencapai 18jt wisatawan setiap tahun. Ini menunjukkan Kroasia cukup sukses di sektor tersebut dan harus dicontoh oleh Lampung, khususnya oleh Pemerintah Daerah baik Pemprov maupun Pemkab/Pemkot.

Kunjungan kerja Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo sendiri ke Kroasia adalah dalam rangka Festival Budaya Indonesia di agenda pameran wisata “Place2Go Internasional Tourism Fair”, di Ibukota Kroasia, Zagreb. Agenda pameran tersebut merupakan agenda tahunan cukup besar di wilayah Eropa Timur yang saat ini sedang berkembang dengan pesat. Kesempatan kali ini Ridho didampingi Plt. Sekdaprov Hamartoni Ahadis dan beberapa pejabat eselon 2 serta jajaran staf dan rombongan kebudayaan Lampung.

Ridho juga sangat berterima kasih kepada Dubes Sjahroedin yang memberikan warna yang khas budaya Lampung pada perwakilan Indonesia di Kroasia baik dari sisi penampilan hingga kegiatan-kegiatan persahabatan dan festival yang diikuti atau diadakan oleh Kedubes Indonesia di Kroasia. Dalam sambutannya, mewakili pemerintah provinsi Lampung, Ridho mengungkapkan rasa bangga dan hormatnya kepada Dubes Sjahroedin.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo di hadapan YM Dubes Sjahroedin juga menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan pembangunan Lampung. Capaian-capaian pembangunan dari mulai naiknya competitivenes index Provinsi Lampung yang melonjak pesat dari posisi 25 ke 11, Kunjungan Pariwisata yang meningkat berkali-kali lipat sekitar 30% kenaikan setiap tahun dalam 4 tahun terakhir, kemudian keberadaan Bandara Internasional Radin Inten 2, Jalan Tol, hingga Dermaga Eksekutif Bakauheni. Gubernur Ridho Ficardo yakin tahun-tahun mendatang Provinsi Lampung akan mengalami lompatan lebih tinggi lagi seiring pondasi pembangunan yang telah tertata dengan baik pada sektor-sektor prioritas.

Ridho Ficardo sekalius melaporkan kepada YM Dubes Sjahroedin, yang juga mantan Gubernur Lampung di era sebelumnya, terkait dengan usulan penamaan salah satu Pintu Tol Sumatra Ruas Bakauheni-Terbanggi yang disetujui Presiden Jokowi, dengan nama almarhum Adeham, ASN Pemprov Lampung yang memiliki peran besar dalam proses pembangunan Tol Trans Sumatra. (Rls)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung