Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech Terbaru KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Minggu, Februari 24

Mulai 1 Maret, BPJS Tidak Menanggung Obat Kanker Usus


Mulai 1 Maret, BPJS Tidak Menanggung Obat Kanker Usus

Mulai tanggal 1 Maret 2019, BPJS Kesehatan tidak menanggung obat kanker usus besar atau kolorektal.
.
.
Hal ini berdasarkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/707/2018 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/659/2017 tentang Formularium Nasional.
.
.
Diketahui, Obat kanker yang dihilangkan dari layanan BPJS Kesehatan adalah obat bevasizumab untuk menghambat pertumbuhan kanker dan obat cetuximab untuk pengobatan kanker kolorektal.
.
.
Padahal, di keputusan menteri sebelumnya obat kanker kolekteral masih ditanggung. Lalu, apa alasannya Kementerian Kesehatan menghilangkan obat ini dari daftar tanggungan? Jawabannya adalah karena biaya dan efektifitas harga dibandingkan dengan manfaat.
.
.
"Jadi kami untuk JKN ada penilaian cost effectiveness. Kalau sebuah obat ini terlalu mahal lalu ada obat yang lebih murah, kenapa tidak? Makanya sekarang lebih banyak pakai obat generik, ternyata obat generik manfaatnya sama," jelas Menkes Nila, Rabu (20/2), dilansir dari CNN Indonesia.
.
.
Sontak, keputusan ini menuai protes dari Ketua umum Cancer Information and Support Center (CISC) Aryanthi Baramuli Putri. Menurutnya, pasien program Jaminan Kesehatan Nasional punya kesetaraan hak memperoleh pelayanan kesehatan, karena mereka sudah membayar iuran.
.
.
"Jika obat tersebut dianggap tidak value for money, lalu bagaimana menilai hidup pasien kanker yang membutuhkannya?" kata Aryanthi. Dia berharap Kemenkes dapat menganulir keputusan tersebut. Seharusnya, Kemenkes melibatkan berbagai pihak, terutama pasien, sebelum membuat kebijakan.
.
.
Sebelumnya, Kemenkes juga sudah tidak menanggung lagi obat kanker payudara trastuzumab. Tapi, setelah digugat ke pengadilan dan dilakukan mediasi, BPJS Kesehetan bersedia menanggung obat itu kembali dengan sejumlah persyaratan. (*)
.
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
#infokyai #jakarta #palembang #bandung #lampung #bandarlampung #bekasi #bogor #bandung #malang #jogja #samarinda #aceh #medan #manado #palu #maluku #papua #bali #bpjs #obat #kemenkes

Artikel Terkait

Comments
0 Comments