Breaking News

Dua Sisi Masker Disebut Punya Fungsi Berbeda, Hoax or Not?



Dua Sisi Masker Disebut Punya Fungsi Berbeda, Hoax or Not?

Baru-baru ini, beredar video penjelasan terkait penggunaan masker yang baik dan benar. Dari hal itu pun sempat menuai perbincangan hangat warganet.
.
.
Dari video yang viral itu, menyebutkan ada dua sisi berbeda dari masker (yang berwarna dan yang putih) memiliki fungsi yang berbeda.
.
.
Bagian yang berwarna putih bisa diletakkan di dalam ketika sedang mengalami sakit. Sedangkan jika tidak sedang sakit, bagian berwarna putih bisa diletakkan di luar.
.
.
Berdasarkan informasi yang infokyai.com himpun, Minggu (3/2/2019) seperti yang diberitakan detikHealth, (10/8/2017) lalu, Menurut Business Manager Consumer Health Care Division PT 3M Indonesia, Yunadi Aulia Desmawan tidak membenarkan hal tersebut dengan kata lain hoax.
.
.
"Masih banyak masyarakat Indonesia pakai masker itu dibolak-balik, bagian dalam dipakai normal kalau mau melindungi diri dari serangan luar. Tapi pada saat sakit, mereka membalik sisi dalam ke sisi luar, dengan presepsi untuk melindungi orang lain," ujarnya baru-baru ini.
.
.
Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr Feni Fitriani Taufik, SpP(K), MPdKed juga tidak membenarkan hal tersebut.
.
.
"Nggak benar. Yang birunya harusnya di luar," katanya saat ditemui pada talkshow Ruang Publik dan Diskusi 'Berani Menyuarakan Hak Perokok Pasif' di Rivoli Hotel, Jalan Kramat Raya No. 41, Jakarta Pusat, dan ditulis Kamis (10/8/2017).
.
.
Pada foto kedua mengenai arah lipatan pada masker, dr Feni menegaskan bahwa pemakaian masker yang benar adalah bagian keras diletakkan di atas.
.
.
"Ini kan ada bagian yang keras, nah itu untuk hidung. Supaya mebentuk hidung kita supaya efek kebocorannya lebih kecil," jelasnya.
.
.
Selain itu penggunaan masker yang tepat adalah maksimal pemakaian delapan jam setelah dikeluarkan dari kemasannya. Syarat penggunaan ini berlaku pada masker yang bersifat disposible (sekali pakai). Sedangkan untuk masker yang bersifat re-usable, disarankan untuk tidak menggunakannya hingga masker tersebut kotor. (*)
.
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
#infokyai #jakarta #palembang #bandung #lampung #bandarlampung #bekasi #bogor #bandung #masker #sehat #sakit #medis #dokter #perawat

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung