Breaking News

Membaca Surat Al Kahfi di Jum'at Berkah


Membaca Surat Al Kahfi di Jum'at Berkah

Infokyai.com - Alhamdulillah, kita semua masih menghirup udara segar di pagi ini, dan masih dipertemukan oleh Allah Swt di hari Jum'at yang berkah ini.
.
.
Bagi umat muslim di seluruh dunia, hari Jum'at adalah hari yang paling istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya.
.
.
“Rasulullah juga pernah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shahih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)
.
.
Melansir harapanmulia.org, Salah satu sunah Rasul di hari jumat adalah membaca surat Al Kahfi. Surat Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al quran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya. Rasullulah SWT menganjurkan umatnya untuk membacanya di hari jum’at atau malam jum’at. Amat disayangkan jika dewasa ini umat islam banyak yang meninggalkan Al qur’an dan enggan membacanya.
.
.
Hal ini dijelaskan pula oleh seorang ulama. Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa membaca surat al kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah).
.
.
Namun, sebenarnya membaca surat Al Kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari jumat saja melainkan setiap hari. Hal ini dikarenakan hari jumat adalah hari baik bagi umat islam di seluruh dunia. Memang dianjurkan bahwa sebaiknya surat Al Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya yakni hari jum’at.
.
.
Selamat membaca Al-Qur’an, semoga kita selalu dalam lindungan Allah. Amiin. (*)
.
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jangan lupa tag temenmu untuk saling berbagi informasi 👍, berbagi kebaikan sedikitpun, kelak akan ada perhitungannya di akhirat. InshaAllah jadi amalan jariyah untuk kita semua. Aamiin.
.
.
#infokyai #sunnah #ceramah #kajian #ustadz #islam #muslim #dakwah

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung