Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Job Fair 13 - 14 Desember 2018 KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Kamis, November 15

Melangkahi Makam Pendiri NU, Sandiaga Uno Meminta Maaf


Melangkahi Makam Pendiri NU, Sandiaga Uno Meminta Maaf

Infokyai.com - Belakangan ini tengah viral beredar sebuah rekaman yang tersebar di media sosial, terlihat Sandiaga Uno melangkahi sebuah makan saat dirinya melakukan ziarah makam.
.
.
Dari hal itu pun, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Sandiaga Uno yang ketika itu melakukan safari politik ke wilayah Jawa Timur beberapa waktu lalu menuai kontroversi karena melangkahi makam pendiri Nahdlatul Ulama, Kiai Haji Bisri Syamsuri di Kompleks Pondok Pesantren Denanyar, Jombang, Jawa Timur.
.
.
Atas viralnya kabar itu pun, Sandiaga akhirnya meminta maaf dan mengatakan bahwa ketika itu dia khilaf. Dia menuturkan bahwa hampir setiap hari berziarah kubur dan biasanya dipandu oleh seseorang.
.
.
"Saya tak mau menyalahkan siapa-siapa. Kesalahan ada di diri saya. Karenanya saya meminta maaf. Dari lubuk hati paling dalam saya meminta maaf. Manusia itu penuh kekhilafan,”Ujarnya
.
.
Sandiaga mengaku salah karena baginya menghargai kubur adalah sesuatu yang sangat esensial, karena itulah orang-orang berziarah. Dia juga meminta agar kasus ini tidak terus diungkit dan mengajak warga untuk fokus ke hal-hal yang lebih penting, seperti ekonomi.
.
.
Seperti diketahui, Sandiaga melangkahi makam Kiai Haji Bisri Syamsuri agar bisa nyekar ke makam yang berada di sebelahnya. Dia tidak berjalan di tepian kubur.
.
.
Ketua PBNU bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan Robikin Emhas menjelaskan bahwa melangkahi makam memang tidak atur secara syariat, tapi itu adalah adab.
.
.
"Di luar konteks politiknya, Islam itu selain akidah dan syariat adalah soal akhlak... termasuk juga dalam memperlakukan orang meninggal dunia juga harus ada akhlak," ujar Robikin
.
.
"Syariatnya jelas kalau muslim ya dimandikan dikafani disalati, dikubur, itu syariatnya. Ya akhlaknya, adabnya termasuk ketika sudah di kuburan ya tidak diperlakukan dengan tidak sepatutnya. Itu soal adab," tutup Robikin. (*)
.
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Berbagi informasi Yuk 😎
Jangan lupa kirim & tag kami yai 😊
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Terimakasih sudah membaca 👀, menyukai ❤ dan jangan lupa tag temenmu untuk saling berbagi informasi 👍
.
.
.
#infokyai #lampung #bandarlampung #jakarta #palembang #bandung #bekasi #bogor #bandung #malang #jogja #samarinda #jokowi #prabowo

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...